London Garden Bridge, Proyek USD260 Juta yang Ditolak Pemerintah

Rizkie Fauzian, Jurnalis · Minggu 20 Agustus 2017 00:25 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 18 470 1758739 london-garden-bridge-proyek-usd260-juta-yang-ditolak-pemerintah-RzjFtioVWF.jpg Foto: Architecture Digest

JAKARTA - Pembangunan London Garden Bridge, diharapkan bisa menjadi atraksi menarik bagi kota tersebut. Struktur jembatan dihiasi pohon-pohon yang membentang indah melintasi Sungai Thames.

Jembatan yang menghubungkan Temple dan South Bank tersebut mengalami hambatan pada April. Wali Kota London Sadiq Khan menarik dukungan atas pembangunan proyek.

Baca juga: Jembatan Unik di Belanda Ini Ada di Dalam Air

Seperti dilansir Architecture Digest, Minggu (20/8/2017), jembatan yang dibangun oleh Thomas Heatherwick tersebut menghabiskan biaya USD260 juta, namun setiap tahun ada tambahan biaya USD3,9 juta.

Biaya menjadi salah satu hambatan dalam pembangunan jembatan. Pertama kali diumumkan biaya pembangunan, banyak masyarakat yang marah. Bagaimana tidak, biaya pembangunan jembatan berasal dari uang pajak.

Baca juga: 10 Fakta Menarik tentang Golden Gate Bridge

Masyarakat berharap uang tersebut bisa digunakan untuk hal lain yang lebih ketimbang "proyek kesombongan" tersebut. Dalam sebuah pernyataan, The Garden Bridge Trust, badan yang mengurus pembangunan jembatan, mengumumkan penghentian proyek.

"Trust tidak punya pilihan selain mengambil keputusan ini karena kurangnya dukungan proyek dari wali kota. Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada semua pendukung kami yang memberikan dukungan dan dorongan tanpa henti," jelasnya.

Baca juga: New York Bangun Jembatan Khusus Sepeda Senilai Rp1,3 Triliun

Sementara itu, Kepala badan Garden Bridge Trust Lord Mervyn Davies menyampaikan sebuah pernyataan terkait penghentian proyek. "Ini adalah hari yang menyedihkan bagi London karena kita tidak dapat lagi memberikan proyek yang mengasyikkan seperti itu," ungkap dia.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini