nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dubes Rusia: Kebutuhan Listrik RI Hanya Bisa Dipenuhi dengan Nuklir

Rahman Asmardika, Jurnalis · Rabu 23 Agustus 2017 17:19 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 08 23 320 1761618 dubes-rusia-kebutuhan-listrik-ri-hanya-bisa-dipenuhi-dengan-nuklir-J449OFdFtq.jpg Ilustrasi: Reuters

JAKARTA – Saat ini, Indonesia mengalami kesulitan untuk menyediakan listrik untuk kebutuhan rakyatnya. Namun, Duta Besar Rusia untuk Indonesia, Mikhail Galuzin mengatakan, masalah itu bisa diatasi jika Indonesia mengadopsi pengunaan energi nuklir sebagai pembangkit tenaga listrik.

“Dengan mempertimbangkan pertumbuhan yang dinamis dari ekonomi di Indonesia, wilayah yang luas dan jumlah penduduk yang besar, kami meyakini bahwa tuntutan akan energi listrik di Indonesia hanya bisa terpenuhi dengan penggunaan energi nuklir untuk tujuan damai,” kata Galuzin dalam pertemuan pers di kediamannya di Jakarta, Rabu (23/8/2017).

Baca Juga: Indonesia Belum Butuh Listrik Tenaga Nuklir, Ini Penjelasannya!

Galuzin mengatakan, penggunaan nuklir sebagai sumber energi listrik sangat bergantung kepada keputusan pemerintah Indonesia. Tetapi jika hal itu disetujui, maka Rusia siap membantu dalam pembangunan infrastruktur dan menyediakan teknologi yang dibutuhkan.

“Rusia adalah yang terdepan di dunia dalam bidang penggunaan energi nuklir untuk tujuan damai. Saat ini kami membangun 40 reaktor nuklir di berbagai negara di dunia seperti China, India, Bangladesh, Iran dan Turki.”

Baca Juga: Rusia Tawarkan PLTN, Arcandra: Apa Kita Enggak Boleh Bangun Nuklir?

“Rusia selalu siap untuk bekerja sama di bidang yang sangat penting ini. Bidang keamanan energi dan sumber listrik yang dapat diandalkan,” jelasnya.

Saat ini, Indonesia dan Rusia telah menjalin kerjasama di berbagai bidang, terutama infrastruktur, teknologi dan militer. Tahun lalu, perusahaan minyak Rusia, Rosneft dan Pertamina telah menadatangi perjanjian pembangunan kilang minyak di Tuban, Jawa Tengah yang akan dimulai dalam waktu dekat.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini