Realisasikan DP 0%, Pemprov DKI Jakarta Siapkan Dua Pola Berikut

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 23 Agustus 2017 13:57 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 23 470 1761401 realisasikan-dp-0-pemprov-dki-jakarta-siapkan-dua-pola-berikut-fW3uTvsVO4.jpg Foto: Giri Hartomo/Okezone

JAKARTA - Program rumah Down Payment (DP) 0% yang menjadi program pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta ternyata sangat mungkin terealisasi. Akan tetapi program tersebut bisa terealisasi jika harga rumah tidak lebih dari Rp300 jutaan dan juga dibangun di wilayah pinggiran Jakarta.

Sekertaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Saefullah mengatakan , pihaknya menyiapkan dua pola untuk penggarapan rumah dengan uang muka 0%. Di mana pola pertama adalah dengan memberikan subsidi untuk uang muka rumah yang dibangun oleh developer di pinggiran Jakarta.

Baca juga: Rumah DP 0% Bisa Terealisasi, Asal

Tentunya dengan syarat harga rumahnha tidak lebih dari Rp 300 jutaan. Karena jika harga rumah Rp 309 jutaan maka DP yang harus di tanggung Pemprov DKI yakni Rp 3 juta.

"Kalau pola seperti ini mereka kita akan kasih subsidi uang mukanya tapi dengan syarat harga rumah tidak lebih dari Rp 300 jutaan. Karena pemprov hanya mampu kasih uang subsidi DP rumah Rp 3 juta," ujarnya saat ditemui dalam acara Musyawarah Daerah REI DKI Jakarta, Rabu (23/8/2017).

Pola selanjutnya adalah Pemprov DKI Jakarta dan Developer akan bekerja sama untuk membangun hunian dengan DP 0%. Bedanya kali ini Pemprov DKI Jakarta tidak memberikan subsidi untuk DP melainkan memberikan tanah milik Pemprov di pusat kota.

Baca juga: Program Rumah DP 0 Tetap untuk Masyarakat Ekonomi Menengah dan Rendah

"Atau skema berikutnya pengembang kerja sama dengan Pemprov. Pemprov sediakan aset-aset tanah di DKI," jelasnya.

Namun, kata Saefullah, untuk pola mana yang akan digunakan nantinya masih sekedar pengakuan dan kajian. Untuk pastinya, pihaknya bersama Gubernur terpilih Anies Baswedan dan Developer akan membicarakan pola yang cocok untuk pembangunan rumah DP 0%

Baca juga: Pengembang Bilang DP 0% Bukan Masalah Rumit

"Nanti bentuknya sepeti apa nanti kita bicarakan karena kepala daerahnya belum aktif. Polanya dengan Gubernur baru akan kota carikan pokoknya," jelasnya.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini