Pemprov DKI Siapkan Pola Subsidi untuk Rumah DP 0%, Pengembang: Itu Sangat Bagus Sekali

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 23 Agustus 2017 15:59 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 23 470 1761533 pemprov-dki-siapkan-pola-subsidi-untuk-rumah-dp-0-pengembang-itu-sangat-bagus-sekali-dwqMLOqSIn.jpg Foto: Giri Hartomo/Okezone

JAKARTA - Pemerintahan Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana merealisasikan program Down Payment (DP) 0%. Program rumah DP 0% ini merupakan program andalan dari pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih Anies Baswedan dan Sandiaga Uno.

Dalam merealisasikan hal tersebut, Pemprov DKI ingin merealisasikan DP 0% tersebut tanpa melanggar Undang-Undang yang hanya memperbolehkan pemberian DP 1%. Salah satu caranya adalah dengan memberikan uang talangan atau subsidi untuk menutupi angka 1% tersebut.

Baca juga: Program DP Rumah 0%, Pengembang: Bisa Saja Dilakukan!

Menanggapi hal tersebut, Wakil Ketua Umum Bidang Komunikasi & Pengembangan Usaha DPP Real Estat Indonesia (REI) Theresia Rustandi mengatakan sebuah langkah bagus jika Pemprov DKI berencana mensubsidi DP 1% tersebut. Hal tersebut mencerminkan komitmen Pemprov DKI untuk memberikan rumah layak kepada warganya.

"Kalau mau ditalangi sama pemprov DKI kemudian itu bagian dari kontribusi terhadap pemprov DKI itu sangat bagus sekali. Artinya sebetulnya yang dipikirkan kita sama-sama itu, bagaimana kebutuhan perumahan rakyat itu bisa dipenuhi," ujar Theresia di Hotel JS Luwansa, Jakarta, Rabu (23/8/2017).

Baca juga: Realisasikan DP 0%, Pemprov DKI Jakarta Siapkan Dua Pola Berikut

"Jadi kalau pemerintah bisa bantu dari sisi funding dan konsumen maka itu sangat bagus sekali. Karena selama ini pemerintahan pusat juga sudah banyak sekali membantu sisi pembiayaan konsumen," lanjutnya.

Menurut Theresia, selain perhatian terhadap funding konsumen, Pemprov juga harus memperhatikan funding dari sisi developer melalui kredit konstruksi. Karena untuk membuat suatu hunian, para developer tentunya memerlukan modal.

Baca juga: Rumah DP 0% Bisa Terealisasi, Asal

"Tapi yang penting dari sisi developer juga ada yang perlu pembiayaan juga. Karena kan pembiayaan ada dua sisi dari sisi konsumen dan developer. Karena kan dalam pembangunan itu developer juga perlu modal untuk membangun ya. Jadi saya pikir kalau dua-duanya bisa dibangun maka itu bisa sangat membantu sekali," jelasnya.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini