TIPS LARIS: Hati-Hati dengan Kata-Kata, Bisa Hancurkan Bisnis Anda!

Dedy Afrianto, Jurnalis · Minggu 27 Agustus 2017 07:00 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 25 320 1763180 tips-laris-hati-hati-dengan-kata-kata-bisa-hancurkan-bisnis-anda-ZhHv9D0qSs.jpg Ilustrasi: (Foto: Reuters)

JAKARTA - Pemasaran atau marketing adalah kunci utama dalam pengembangan bisnis Anda. Melalui strategi pemasaran yang tepat, Anda dapat mengembangkan sayap bisnis dalam waktu yang tepat.

Hanya saja, kesalahan strategi pemasaran dapat berdampak negatif bagi bisnis Anda. Anda dapat kehilangan modal dalam berbisnis hanya karena kesalahan strategi pemasaran.

Dalam strategi pemasaran, Anda perlu menggunakan kalimat yang mudah dipahami dan dapat menarik bagi masyarakat. Anda dapat menjalin kerjasama dengan copywriter berpengalaman dalam menyusun strategi penjualan.

Namun, bagaimana jika Anda tidak memiliki dana untuk menyewa copywriter profesional?

Anda tentunya dapat memanfaatkan kemampuan Anda untuk menyusun kalimat dalam melakukan pemasaran produk. Hanya saja, terdapat beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan dalam menggunakan kalimat untuk memasarkan produk. Melansir laman enterpreneur, berikut adalah 5 hal yang dapat menghancurkan upaya pemasaran dan cara sederhana Anda untuk memperbaikinya:

1. Anda menggunakan terlalu banyak kata

Dalam sebuah penelitian, dinyatakan bahwa orang hanya akan menaruh perhatian untuk suatu iklan kurang dari 8 detik. Bahkan, bagi anak muda, waktu yang ideal untuk melihat sebuah ikan adalah kurang dari 5 detik.

Artinya, Anda tidak punya banyak waktu untuk menyampaikan pesan kepada audiens Anda. Untuk itu, jangan gunakan kata-kata terlalu banyak untuk mempromosikan produk Anda.

Gunakanlah kalimat yang efektif. Pastikan kalimat tersebut mudah dipahami oleh semua kalangan.

2. Gunakan jargon

Jargon yang digunakan dalam pemasaran biasanya tidak sesuai dengan produk yang ditawarkan. Bahkan, pelanggan bisa saja meninggalkan produk Anda karena merasa tertipu dengan promosi yang Anda lakukan.

Gunakanlah jargon ringan yang sesuai dengan produk Anda. Pastikan jargon tersebut dapat diterima oleh masyarakat umum.

3. Anda menggunakan kata ganti yang salah

Anda perlu menyapa konsumen dengan bahasa yang tepat. Gunakannlah kata ganti atau sapaan yang tepat dalam promosi produk Anda.

Jika Anda salah dalam menyapa konsumen, maka hal ini akan berdampak besar. Produk Anda bisa saja ditinggal oleh pelanggan.

4. Anda menggunakan kata kerja pasif

Jika Anda memasang iklan dalam pemasaran, Anda pasti akan mendorong masyarakat luas untuk menggunakan produk Anda. Artinya, iklan tersebut harus mencakup ajakan bertindak yang dapat memotivasi orang untuk benar-benar mengambil tindakan untuk menggunakan produk yang Anda tawarkan.

Anda pun perlu meminimalisir kesalahan sederhana seperti menggunakan kalimat pasif dalam sebuah iklan. Gunakan kalimat aktif yang dapat langsung bersinggungan dengan konsumen yang Anda sasar.

5. Anda tidak menggunakan kata-kata emosional

Anda perlu menggunakan kalimat yang langsung menyentuh emosi dari masyarakat. Pemicu emosional dapat meliputi ketakutan, rasa bersalah, kenyamanan, persaingan, kepercayaan dan banyak lagi.

Jika Anda tak menggunakan kalimat yang menggugah emosi, maka masyarakat tak akan terdorong untuk membeli produk yang Anda tawarkan. Untuk itu, pastikan kalimat yang Anda gunakan dapat menggugah emosi sesuai dengan target pasar Anda.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini