Masih Ada ATM yang Offline, BI Langsung Koordinasi dengan Bank

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Minggu 27 Agustus 2017 20:09 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 27 320 1764164 masih-ada-atm-yang-offline-bi-langsung-koordinasi-dengan-bank-fSv5j0uchu.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Dalam dua hari terakhir, nasabah dibikin bingung dan resah akibat Anjungan Tunai Mandiri (ATM) beberapa bank tidak dapat beroperasi atau offline. Hal ini disebabkan adanya gangguan satelit Telkom-1. Bank Indonesia (BI) pun angkat bicara soal gangguan yang menimpa ribuan ATM ini.

"Sehubungan dengan adanya permasalahan layanan pada beberapa ATM bank yang terjadi sejak Jumat 25 Agustus 2017 sore akibat gangguan (anomali) pada satelit Telkom-1, bank-bank tersebut bersama PT Telkom (Persero) sedang melakukan upaya pemulihan dengan mengalihkan koneksi dari satelit yang terganggu ke satelit Telkom 3S ataupun satelit lainnya," kata Direktur Ekskutif Departemen Komunikasi BI Agusman dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Minggu (27/8/2017).

Baca Juga:  

Layaknya Bank Lain, 1.500 ATM BNI Offline!

 300 ATM dan 130 Kantor Unit BRI Gangguan karena Jaringan Satelit!

Dia menambahhkan, BI sebagai otoritas Sistem Pembayaran dan Pengelolaan Uang Rupiah siap mendukung perbankan dalam melayani transfer dana masyarakat dengan memastikan bahwa sistem Bank Indonesia Real Time Gross Settlement (BI-RTGS), Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI), dan Bank Indonesia Scripless Securities Settlement System (BI-SSSS) berjalan dengan normal.

"Untuk mengantisipasi kebutuhan uang tunai di masyarakat, Bank Indonesia mendukung ketersediaan uang tunai di perbankan," jelasnya.

BI terus memantau perkembangan pemulihan gangguan, dan terus berkoordinasi dengan perbankan dan lembaga-lembaga terkait.

Sebelumnya, Direktur Utama BCA Jahja Setiaatmadja mengatakan terputusnya jaringan komunikasi dari ATM tersebut adalah imbas dari gangguan pada satelit Telkom 1. Dirinya mengatakan, ada sekira 100 kantor kas BCA yang mengalami masalah.

BNI juga mengalami masalah yang sama. Ada sekira 1.500 ATM BNI offline. "Sebagaimana beberapa bank lain, BNI juga terdampak gangguan jaringan Telkom-1. Namun hanya sekitar 1.500 ATM yang terdampak dari 16.000 ATM yang dimiliki BNI," kaat Sekretaris Perusahaan PT BNI Rian Kiryanto.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini