BI Minta Bank Cari Alternatif Jaringan untuk ATM yang Error!

Ulfa Arieza, Jurnalis · Minggu 27 Agustus 2017 20:24 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 27 320 1764170 bi-minta-bank-cari-alternatif-jaringan-untuk-atm-yang-error-sQTNyRK0cZ.jpg Foto Mirza Adityaswara (Lidya/Okezone)

YOGYAKARTA - Bank Indonesia (BI) mengimbau pihak perbankan untuk segera mencari alternatif jaringan komunikasi bagi mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) yang bermasalah akibat gangguan satelit Telkom-1. Gangguan satelit Telkom-1 menyebabkan beberapa mesin ATM terpaksa offline.

"Kami memastikan bahwa bank-bank melakukan operasinya harus tetap lancar. Bahwa ATM yang mengalami gangguan harus segera dipindahkan jalurnya," ujar Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) Mirza Adityaswara di Hotel Tentrem, Yogyakarta, Minggu, (27/8/2017).

Baca Juga: Waduh! ATM Bank-Bank Ini Masih Saja Error

Mirza memastikan, adanya gangguan ini tidak menghambat peredaran uang di masyarakat. Pasalnya, hanya sebagian ATM yang terputus jaringan komunikasinya. Bank sentral sendiri sudah mendapatkan laporan dari pihak Telkom. Laporan ini telah ditindaklanjuti dengan berkoordinasi dengan manajemen bank.

"Kalau kebutuhan uang tunai dan sebagainya enggak ada masalah. Karena ini kan yang terganggu bukan mayoritas ATM, tapi sebagian saja," kata dia.

Baca Juga:

Layaknya Bank Lain, 1.500 ATM BNI Offline!

 300 ATM dan 130 Kantor Unit BRI Gangguan karena Jaringan Satelit!

Sekadar informasi, kemarin telah terjadi gangguan pada satelit Telkom 1. Akibatnya, jaringan komunikasi pada mesin ATM yang terhubung pada satelit Telkom 1 terputus, serta menyebabkan ATM menjadi offline. Kondisi ini banyak dikeluhkan oleh nasabah yang kesulitan melakukan transaksi.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini