Gandeng KPEI, Citibank Bakal Layani Transaksi Bursa

Ulfa Arieza, Jurnalis · Rabu 30 Agustus 2017 12:34 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 30 278 1766020 gandeng-kpei-citibank-bakal-layani-transaksi-bursa-ucCIhgMUaO.jpg Foto: Ulfa/Okezone

JAKARTA - PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEl) dan Citibank melakukan penandatanganan perjanjian terkait layanan Citibank dalam penyelesaian transaksi bursa.

Dengan perjanjian tersebut, Citibank secara resmi menjadi Bank Kustodian (BK) pertama yang memulai perannya sebagai Account Operator (AO) dalam penyelesaian transaksi bursa.

AO dalam penyelesaian transaksi bursa berfungsi sebagai pihak yang diberikan kewenangan untuk mengambil alih fungsi settlement dari Anggota Bursa (AB).

Direktur Utama KPEI Hasan Fawzi menjelaskan, saat ini AB melakukan fungsi trading dan settlement dalam transaksi bursa. Dengan adanya AO, lanjutnya, AB akan menyerahkan fungsi settlement kepada BK melalui perjanjian bilateral. Pengalihan fungsi yang dilakukan AB terhadap BK dapat membuat proses dan aktivitas operasional AB menjadi lebih efisien, sehingga AB dapat lebih fokus untuk memperkuat fungsi trading.

Baca Juga: Citibank Andalkan Jaringan Luas Serap Dana Repatriasi

"Bank kustodi Citibank kenalkan sebagai account operator jadi seolah -olah memberikan kewenangan Citibank untuk atas nama mereka melakukan kegiatan kliring dan penyelesaian transaksi bursa. Jadi yang berhubungan dengan KPEI dan KSEI-nya enggak lagi AB yang bersangkutan tapi bisa jadi pihak kustodian seperti Citibank ini tapi pelaksanaannya ditunjuk oleh AB nya," ujarnya di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Rabu (30/8/2017).

Selain itu, Hasan mengatakan dengan keterlibatan, BK secara langsung dalam proses penyelesaian transaksi bursa dapat mendukung proses kliring dan penyelesaian yang lebih efisien dan aman.

Baca Juga: Citibank Disanksi Bayar Rp9 Triliun ke Nasabah

BK akan diberikan hak untuk mengakses langsung sistem kliring KPEI. Hak akses langsung atas sistem kliring ini akan memangkas proses penyelesaian transaksi sehingga menjadi lebih efisien. Penunjukan BK sebagai AO juga akan meningkatkan perlindungan atas aset nasabah mengingat peran BK dalam melakukan fungsi kustodian atas efek milik nasabah.

"Nah itu kan jadi efisien kemudian kedua peraturan lain diterbitkan tahun lalu perluasan kustodi bank yang jadi sattlement agent perluasan peran yang lebih lagi, kustodian bank dapat menawarkan layanan jasa agen settlement," imbuhnya.

Dia berharap dengan adanya Citibank sebagai inisiator AO di pasar modal Indonesia dapat menjadi contoh bagi Bank Kustodian lainnya untuk dapat turut memperluas perannya dalam proses penyelesaian transaksi bursa.

Baca Juga: PHK 4 Manajer Citibank Ditolak Pengadilan

“Adanya AO ini juga diharapkan dapat menjadi momentum dimulainya implementasi perluasan peran bank kustodian, yaitu sebagai AO, Settlement Agent dan General Clearing Member ke depannya,” ujarnya.

Sekadar informasi, penandatanganan perluasan layanan ini sendiri dilakukan di Main Hall Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI). Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Utama KPEI, Hasan Fawzi dan Chief Executive ijicer (CEO) Citi Indonesia, Batara Sianturi, dan disaksikan oleh Kepala Ekesekutif Pengawas Pasar Modal OJK, Hoesen. 

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini