Share

Pulang Naik Kereta, Jokowi Ingin Ada Double Track Langsung ke Sukabumi

Dedy Afrianto, Okezone · Jum'at 01 September 2017 20:52 WIB
https: img.okezone.com content 2017 09 01 320 1767774 pulang-naik-kereta-jokowi-ingin-ada-double-track-langsung-ke-sukabumi-adYW8SLuwt.jpg Kereta Kepresidenan. (Foto: Okezone)

SUKABUMI - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengakhiri kunjungan kerja di Kota Sukabumi, Jawa Barat, dengan berangkat menumpang Kereta Luar Biasa (KLB) RI1 dari Stasiun Sukabumi menuju Stasiun Bogor.

Presiden Joko Widodo meminta jalur kereta api Bogor-Sukabumi sepanjang 57 km dibuat ganda atau double track mulai tahun ini. Proyek tersebut diperkirakan menghabiskan dana sekitar Rp400 miliar.

Tak hanya dibuat ganda, jalur KA Bogor-Sukabumi juga akan dielektrifikasi. Sehingga nantinya Kereta Rel Listrik (KRL) Commuter Line bisa melintas di jalur tersebut. Tidak hanya akan menambah kapasitas angkut kereta jalur Bogor-Sukabumi, jalur ganda itu rencananya juga akan dilanjutkan hingga ke Cianjur dan Bandung.

Proyek pembangunan jalur kereta api ke Cianjur dan Bandung itu baru akan dimulai pada 2018. "Revitalisasi total dilihat lagi juga. Kalau itu tahun berikutnya berarti 2019," ujar Jokowi dalam keterangan tertulisnya.

Baca juga: Amankan Jokowi Naik Kereta Api, Seratusan Polisi Dikerahkan ke Stasiun Gambir Jakarta

Sekadar informasi, dalam kunjungan kerjanya ke Sukabumi, Presiden juga membagikan 1.211 Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan 18 Program Keluarga Harapan di SMAN 1 Sukabumi, menyerahkan 5.500 sertifikat hak atas tanah bagi sejumlah masyarakat Kota dan Kabupaten Sukabumi di Sekolah Pembentukan Perwira.

Sementara itu, dalam sambutannya sebelum shalat Idul Adha di Lapangan Merdeka, Jokowi menjelaskan pemerintah akan membangun sejumlah infrastruktur transportasi, di antaranya jalur ganda kereta api Bogor-Sukabumi, revitalisasi jalur kereta api Sukabumi-Cianjur-Bandung, pembangunan tol Bogor-Ciawi-Sukabumi, dan rencana bandara perintis.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini