nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jasa Marga: Penonaktifan Gerbang Tol Cikarang Utama Butuh Sinergi yang Matang

ant, Jurnalis · Sabtu 02 September 2017 10:57 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 09 02 320 1767934 jasa-marga-penonaktifan-gerbang-tol-cikarang-utama-butuh-sinergi-yang-matang-RZP1CMiCwB.jpg Ilustrasi: (Foto: Antara)

JAKARTA - PT Jasa Marga Tbk (JSMR) mengatakan, wacana penonaktifan gerbang tol (GT) Cikarang Utama hingga kini masih dalam kajian pihaknya terhadap dampak positif dan negatif yang terjadi.

"Wacana itu berkaitan erat dengan jalur arteri yang menyempit. GT Cikarang Utama saat ini menampung tiga hingga tujuh rute perjalanan mulai dari Jakarta, Bekasi, Cipali, Cipularang, semua menumpuk di Cikarang Utama," kata Direktur Utama PT Jasa Marga Tbk Desi Arryani, Sabtu (2/9/2017).

Penonaktifan GT Cikarang Utama, kata Desi, diyakini dirinya mampu memperlancar koridor Jakarta-Cikampek. Namun, hal itu perlu kajian lebih matang lagi melalui sinergi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terkait dan operator tol.

"Dibutuhkan sinergi yang lebih matang lagi antar-BUMN terkait dengan operator. Kami masih melakukan kajian teknisnya," katanya.

Baca juga:

Setelah Karang Tengah, Pintu Tol Cikarang Utama Bakal Dihilangkan

Proyek Tol Bocimi, Jokowi: Insya Allah 2 Tahun Lagi Selesai

Terkait dengan arus balik dalam liburan panjang Idul Adha kali ini, Desi mengatakan untuk mengantisipasi kepadatan arus balik maka Jasa Marga akan menggunakan skenario yang sama pada saat penanganan arus mudik Lebaran bulan Juni lalu.

Akan tetapi pada arus balik kali ini ada sedikit perbaikan dari arus balik lebaran idul Fitri yang lalu.

"Jadi kalau kita ingat catatan kemarin kita harus waspada di rest area, kami siap-siap menambahkan contraflow di rest area, contraflow dari kilometer 66 sampai kilometer 33 jadi 32 kilometer contraflow," jelasnya.

Sebagai informasi, PT Jasa Marga mencatat sebanyak 113 ribu kendaraan melalui GT Cikarang Utama pada Kamis malam lalu. Angka ini lebih sedikit dibandingkan pada arus mudik Lebaran tahun ini yang mencapai 116 ribu kendaraan.

(rzy)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini