Image

Jangan Sampai Deh, Gara-Gara Kurban Keuangan Jadi Goyang

Lidya Julita Sembiring, Jurnalis · Senin 04 September 2017, 06:04 WIB
https img k okeinfo net content 2017 09 03 320 1768563 jangan sampai deh gara gara kurban keuangan jadi goyang tGRctewNFr jpg Ilustrasi Kambing. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Hari Raya Idul Idul Adha atau hari Lebaran Haji diperingati oleh masyarakat muslim seluruh Dunia tidak terkecuali Indonesia. Lebaran haji juga mewajibkan bagi umat muslim yang mampu, untuk melakukan kurban hewan.

Kurban hewan biasanya bisa berupa hewan kambing, domba hingga sapi. Untuk kurban sendiri biaya tidaklah sedikit. Jika kurban kambing atau domba maka budget yang harus disiapkan untuk seekor kambing adalah Rp3 juta hingga Rp5 juta tergantung dengan bobot kambing tersebut. Begitu juga dengan seekor sapi yang cukup mahal yakni mulai dari Rp20 juta.

Namun, untuk bisa melakukan kurban maka kita harus menyiapkan tabungan dari jauh-jauh hari sehingga tidak memberatkan saat harinya tiba. Karena lebaran haji sSudah terjadwal dan bukan datang dengan tiba-tiba.

Perencana Keuangan Andi Nugroho mengatakan dengan menabung dari jauh-jauh bulan bahkan anda tidak hanya bisa membeli kurban kambing atau domba tapi juga bisa membeli kurban sapi. Tapi dilakukan dengan teratur sehingga tidak menggangu keuangan saat ini apalagi bagi yang kemampuan keuangannya hanya pas-paa-an.

"Seandainya kemampuan finansial kita enggak sanggup atau bakal goyang, seandainya pengahasilan sebulan musti ada disisihkan untuk beli hewan kurban, ya berarti kita harus nyicil nabung dari jauh hari," ungkapnya kepada Okezone.

Sementara itu, jika tidak ingin membeli dengan harga mahal atau merasa tidak akan mampu membeli walaupun menabung, maka Anda bisa menggunakan cara lain yakni membeli anak sapi atau kambing setahun sebelumnya sehingga harganya lebih murah.

"Atau bisa juga dengan cara beli hewan anakan yang dibeli bahkan sSudah setahun sebelumnya untuk dapat harga murah, dan dititip untuk dipelihara ke peternaknya dengan kompensasi bayar uang pemeliharaan," jelasnya.

Namun, jika ingin tetap menabung maka uang yang disisihkan pun harus sesuai dengan kebutuhan finansial masing-masing dan jangan juga memaksakan harus membeli sapi.

"Menabung tergantung dari kemampuan masing-masing. Semisal harga seekor kambing Rp3 juta dan kita mampunya menyisihkan dana sebulan hanya sekitar Rp250 ribu-an, maka kita butuh setahun untuk bisa mendapatkannya," tukasnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini