Image

Rencana Backdoor Listing AirAsia, Harga Saham Rimau Naik 25% Hari Ini

Widi Agustian, Jurnalis · Senin 04 September 2017, 16:29 WIB
https img k okeinfo net content 2017 09 04 278 1769037 rencana backdoor listing airasia rimau multi putra naik 25 hari ini lDcq0eGYLd jpg Ilustrasi: (Foto: Reuters)

JAKARTA - Saham PT Rimau Multi Putra Pratama Tbk (CMPP) bergerak ditutup naik Rp94 atau 24,74% menjadi Rp474 per saham pada hari ini.

Saham CMPP bergerak menguat setelah bisa diperdagangankan kembali pada hari ini, Senin 4 September 2017. Sebelumnya, saham ini disuspensi sejak 23 Agustus.

 Baca juga: Catat! AirAsia Bakal Go Public Lewat Skema Backdoor Listing

Secara histori, saham CMPP memang terpantau naik cukup pesat, hal ini seiring dengan rencana transaksi backdoor listing PT Indonesia AirAsia yang melibatkan perseroan.

Pada 3 Juli, harga saham CMPP hanya Rp98 per saham. Dan terus menguat. Pada 1 Agustus, harganya sahamnya sudah Rp117. Lalu pada 16 Agustus sudah Rp244 dan 18 Agustus menyentuh Rp304. Terakhir, pada 23 Agustus, saham CMPP berada di harga Rp380 per saham.

 Baca juga: Raline Shah Jadi Komisaris Independen AirAsia Indonesia, Ini Tujuannya!

Sekadar mengingatkan, PT Indonesia Airasia (IAA) bakal melantai di pasar modal Indonesia, namun tidak menggunakan skema initial public offering (IPO). Maskapai penerbangan asal Malaysia ini bakal go public melalui skema backdoor listing. AirAsia akan melakukan backdoor listing melalui Rimau Multi Putra Pratama.

Untuk itu, rencananya CMPP bakal melakukan Penawaran Umum Terbatas dengan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu atau right issue. Pembahasan right issue akan menjadi salah satu agenda dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang diselenggarakan pada 6 Oktober 2017 mendatang.

 Baca juga: Raline Shah Jadi Komisaris AirAsia, Bagaimana Rencana IPO?

Untuk sekarang ini, secara mayoritas saham CMPP dimiliki oleh PT Rimau Multi Investama (RMI) dengan porsi kepemilikan saham 76,24%. Adapun sisanya di masyarakat mengapit 23,76% saham CMPP. Namun, sebagai pemilik saham mayoritas RMI tidak akan mengeksekusi haknya dalam right issue CMPP.

Nantinya, IAA akan memiliki saham dari CMPP melalui PT Fersindo Nusaperkasa (FN) dan AirAsia Invesment Ltd (AIL) selaku pembeli siaga dan pemegang saham utama IAA. Baca Juga: Raline Shah Jadi Komisaris AirAsia, Bagaimana Rencana IPO? Sehingga komposisi kepemilikan saham CMPP pasca right issue akan dimiliki oleh PT Rimau Multi Investama (RMI) sebesar 1,55%, PT Fersindo Nusaperkasa (FN) sebesar 49,96%, AirAsia Invesment Ltd (AIL) sebesar 48%, sedangkan sisanya sebanyak 0,48% akan dimiliki oleh publik.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini