Image

Sri Mulyani: Membaca Bikin Kita Kaya, Tak Cuma Berpikir Satu Arah

Lidya Julita Sembiring, Jurnalis · Selasa 05 September 2017, 11:32 WIB
https img o okeinfo net content 2017 09 05 20 1769494 sri mulyani membaca bikin kita kaya tak cuma berpikir satu arah xTYSQbewe4 jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan, membaca adalah hal yang sangat penting karena bisa membuat seseorang menjadi kaya jika rajin membaca. Sehingga, dirinya sendiri mengakui lebih senang membaca daripada berbincang-bincang.

"Itu membuat kita menurut saya menjadi manusia paling purna dalam arti kita selalu mencari dalam hidup ini yang membuat kita semakin kaya," ungkapnya dalam acara Festival Literasi Perpustakaan di Kemenkeu, Jakarta, Selasa (5/9/2017).

Baca Juga: Buka Festival Perpustakaan, Sri Mulyani: Saya Lebih Senang Baca karena Bikin Cerdas daripada Ngobrol

Namun, lanjut Sri Mulyani, kaya bukan berarti dengan kaya banyak harta atau uang dari membaca. Tapi kaya akan pikiran dalam memandang suatu permasalahan dalam kehidupan masing-masing.

"Kaya dalam arti rasa, berpikir dan kaya dalam perspektif," jelasnya.

Baca Juga: Celoteh Sri Mulyani: Laki-Laki Sering Salah dan Perempuan Bisa Tekan Angka Korupsi

Sri Mulyani juga menilai saat ini banyak orang yang terkadang sangat miskin dalam perspektifnya. Karena melihat satu masalah hanya dari satu sisi saja. Sehingga, dirinya menilai dengan membaca maka akan membuat manusia lebih berpikir dan memandang sesuatu dari banyak arah.

"Lihat satu masalah hanya dalam satu sisi saja, itu termasuk dalam berbagai macam kehidupan kita sehari-hari. Kita kadang hanya berpikir dalam satu perspektif, begitu miskinnya manusia dan oleh karena itu membaca membuat kita semakin kaya karena kita bisa memahami perspektif yang begitu banyak," tukasnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini