nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Apa Kabar Kajian Awal Blok Masela?

Dedy Afrianto, Jurnalis · Selasa 05 September 2017 18:10 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 09 05 320 1769857 apa-kabar-kajian-awal-blok-masela-WWhb2v6jI4.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Desain kajian awal (Pre-FEED) proyek pengembangan Blok Masela dapat segera dilakukan. Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) pun beberapa waktu lalu telah menyetujui anggaran kajian awal proyek Blok Masela.

Menurut Jonan, proses kajian awal proyek blok Masela ini tidak memiliki kendala yang berarti. Kajian ini diharapkan dapat selesai jelang akhir tahun ini.

 Baca juga: Disebut Surga yang Terlupakan, Bupati Maluku Barat Daya: Blok Masela Milik Kami!

"Ya kira-kira, kalau eksplorasinya sudah selesai. Ini persiapan untuk pembangunan," kata Jonan saat ditemui usai rapat Tim Penilai Akhir di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (5/9/2017).

Sebelumnya, Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar mengatakan bahwa pemerintah telah menyiapkan off take atau pembeli yang akan membeli gas jika Blok Masela telah berproduksi. Namun, pemerintah tak menutup celah jika adanya perusahaan lainnya yang berminat menjadi off taker.

Baca juga:  Wih, Wamen ESDM Sediakan Karpet Merah untuk Perusahaan Dalam Negeri Menyerap Gas Masela

Proyek Blok Masela pun menjadi salah satu fokus pembahasan antara Penasihat Khusus Perdana Menteri Jepang Hiroto Izumi dan Presiden Joko Widodo. Proyek ini menjadi salah satu dari 7 proyek yang menjadi bidikan utama Jepang di Indonesia.

Menurut Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Jepang telah berminat untuk berinvestasi pada beberapa sektor. Salah satunya adalah pengembangan Blok Masela.

 Baca juga: PLN Ingin Serap Gas Masela, Arcandra Tahar: Mereka Butuh untuk Listrik!

"Mereka sudah mempersiapkan dan mudah-mudahan November 2017 ini sudah mulai jalan. Mungkin saya kira eksplorasi, ini ada Inpex," kata Basuki.

Diharapkan, proyek yang diincar Jepang dapat berjalan lancar dan selesai tepat waktu. Dengan begitu, proyek ini akan berdampak positif bagi ekonomi dalam negeri.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini