nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Konflik Rohingnya, Gubernur BI: Tak Ganggu Stabilitas Keuangan RI

Lidya Julita Sembiring, Jurnalis · Selasa 05 September 2017 21:44 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 09 05 320 1770014 konflik-rohingnya-gubernur-bi-tak-ganggu-stabilitas-keuangan-ri-5gTuSjZuGX.jpg Gubernur BI Agus DW Martowardojo. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Konflik yang terjadi di negara bagian Rakhine, Myanmar saat ini terhadap etnis Rohingnya dikatakan tidak mempengaruhi Indonesia secara langsung. Situasi perdagangan Indonesia serta stabilitas keuangan dalam negeri masih dalam keadaan stabil.

"Itu enggak langsung terkait dengan stabilitas sistem keuangan Indonesia," ungkap Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo di Kompleks DPR, RI, Jakarta, Selasa (5/9/2017).

Namun, Agus mengatakan konflik yang terjadi terhadap negara yang di huni oleh masyarakat muslim Rohingnya ini sangat memprihatinkan. Sehingga diharapkan upaya Indonesia untuk membantu bisa tersampaikan.

"Dari sisi kemanusiaan kita prihatin dengan kondisi itu. Kita harap pesan yang disampaikan Indonesia melalui Menteri Luar Negeri bisa diterima Myanmar (Rohingnya)," tukasnya.

Sebelumnya, Menteri Perdangangan (Mendag) Enggartiasto Lukita juga mengatakan konflik yang terjadi di etnis Rohingnya belum mempengaruhi perdagangam Indonesia ke Myanmar. Bahkan mengenai perintah embargo perdagangan kenegara tersebut juga belum diberikan oleh Kementerian Luar Negeri (Kemenlu).

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini