Lowongan CPNS Dibuka untuk Tambal Pegawai, Berapa Sih PNS yang Pensiun?

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 06 September 2017 21:19 WIB
https: img.okezone.com content 2017 09 06 320 1770773 lowongan-cpns-dibuka-untuk-tambal-pegawai-berapa-sih-pns-yang-pensiun-h1dv71DkFd.jpg Ilustrasi: (Foto: Antara)

JAKARTA - Pemerintah akhirnya kembali membuka 17.428 lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2017. Penerimaan CPNS putaran kedua pada tahun ini dibuka di 60 Kementerian dan Lembaga serta 1 pemerintah provinsi.

Kepala Sub Bagian (Kasubag) Hubungan Media dan Antar Lembaga Biro Humas BKN Diah Eka Palupi mengatakan, dibukanya kembali lowongan CPNS pada tahun ini adalah untuk mengisi Pegawai yang pensiun yang tiap tahunnya semakin bertambah. Sedangkan sudah sejak lama melakukan moratorium yang memaksa tidak adanya suplay pegawai negeri sipil (PNS) yang baru.

 Baca juga: Buka 17.928 Lowongan CPNS, BKN: Curang, Coret Namanya!

Berdasarkan data Badan Kepegawaian Nasional (BKN) yang, pada tahun 2016 saja terdapat 122.515 PNS yang masuk usia pensiun. Sementara pada tahun ini atau 2017 jumlah PNS yang pensiun bertambah menjadi 132.815 PNS.

"Di tengah memang kondisi yang ada, angka pensiun luar biasa. Tapi kan kita juga sempat menekan angka moratorium agar terus jangan di suplay ini kan makanya tiap tahun enggak dibuka yaa. Itu kan angka pensiun yang bertambah sedangkan tidak ada lowongan lagi nih makannya kita buka lagi," ujarnya saat dihubungi Okezone, Rabu (6/9/2017).

 Baca juga: Besok, Kemenkeu Bakal Blakblakan soal Rekrutmen CPNS 2017!

Selain itu lanjut Diah, dibukanya pendaftaran CPNS baru ini juga bertujuan untuk mengakselerasi target dari program nawacita yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo. Oleh karena itu, pada pembukaan tes CPNS kali ini juga kualitas perekrutan sangat dijaga betul.

Baca juga: Fakta! Terendah, Gaji PNS Hanya Rp400/Bulan pada 1967

"So far kita memang ada dua point pemerintah mau mengakselerasi target program nawacita. Oleh karenanya kualitas yang pensiun dengan pembukaan lowongan ini sangat besar. Biar lebih fresh juga," jelasnya.

 Baca juga: Imbauan soal CPNS dari BKN: Kalau Website Down Cek Medsos Kita!

Sebagai informasi, dalam pelaksanaan seleksi CPNS tahun 2017 ini dilakukan berdasarkan prinsip kompetitif, adil, objektif, transparan, bersih dari praktik KKN, dan tidak dipungut biaya. Bahkan pemerintah menyiapkan sanksi khusus bagi siapa saja yang berlaku curang.

Adapun informasi resmi terkait dengan persyaratan pendaftaran dan jadwal dapat diakses mulai hari ini, Selasa tanggal 5 September 2017 pukul 23.00 WIB di Situs Kementerian PANRB www.menpan.go.id, situs BKN: https://sscn.bkn.go.id, serta situs Kementerian/Lembaga yang bersangkutan.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini