Berdasarkan Pengalaman, Kemenlu Jadi Incaran Pelamar CPNS

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 06 September 2017 21:24 WIB
https: img.okezone.com content 2017 09 06 320 1770776 berdasarkan-pengalaman-kemenlu-jadi-incaran-pelamar-cpns-29EW6gqlsC.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Setelah mengumumkan hasil dari tes CPNS tahap pertama, pemerintah kembali membuka lowongan penerimaan CPNS putaran kedua. Dimana pada putaran kedua ini pemerintah membuka 17.428 lowongan di 60 Kementerian/Lembaga dan satu Pemerintah Provinsi, yaitu Provinsi Kalimantan Utara.

 Baca juga: Besok, Kemenkeu Bakal Blakblakan soal Rekrutmen CPNS 2017!

Pembukaan lowongan CPNS kali inipun mendapat banyak respon positif dan antusiasme yang luar biasa dari masyarakat. Terasa spesial karena masayarakat bisa dihadapkan pada banyak pilihan.

Kepala Sub Bagian (Kasubag) Hubungan Media dan Antar Lembaga Biro Humas BKN Diah Eka Palupi mengatakan pada tahun ini memang hampir semua Kementerian membutuhkan Pegawai Negeri Sipil (PNS) baru untuk mereplace pegawai yang pensiun. Namun berkaca dari pengalaman, setiap tes CPNS dibuka Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) menjadi yang paling banyak diminati.

 Baca juga: Imbauan soal CPNS dari BKN: Kalau Website Down Cek Medsos Kita!

"Memang kalau tahun ini yang paling banyak diminati sulit diprediksi. Tapi kalau dari pengalaman biasanya Kemenlu itu paling banyak diserbu pelamar," ujarnya saat dihubungi Okezone, Rabu (6/9/2017).

Diah beranggapan selalu banyaknya peminat yang mendaftar untuk menjadi PNS di Kemenlu dikarenakan tunjangannya yang besar. Apalagi ditambah iming-iming tunjangan luar negeri yang menggiurkan masyarakat.

 Baca juga: Fakta! Terendah, Gaji PNS Hanya Rp400/Bulan pada 1967

"Kalau dari pengalaman tunjangannya besar. Kaya Kemenlu ada Diplomat ada tunjangan biaya luar negeri," jelasnya.

Meskipun begitu lanjut Diah, dirinya sangat sulit untuk memprediksi jika hanya melihat dari tunjangan yang diberikan. Pasalnya saat ini pemerintah mulai membagi rata tunjangan kepada seluruh PNS tanpa melihat Kementeriannya.

"Tapikan itu berdasarkan pengalaman ya. kalau sekarang pemerintah mencoba membuat kompensasi yang adil untuk seluruh PNS. Kita engga tahu dengan informasi yang berkembang saat ini," kata Diah.

"Kalau saya memprediksi akan berimbang. Tapi kalau kan mungkin banyak yang peluangnya besar itu di Kementerian yang membuka lowongan terbanyak," imbuhnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini