Wah, BPTJ Berencana Perluas Transjabodetabek hingga Tol Jagorawi

ant, Jurnalis · Kamis 07 September 2017 12:15 WIB
https: img.okezone.com content 2017 09 07 320 1771069 wah-bptj-berencana-perluas-transjabodetabek-hingga-tol-jagorawi-YuXn22HHaM.jpg (Foto: BPTJ)

BEKASI - Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) berencana memperluas jaringan pelayanan angkutan umum massal Bus Premium Transjabodetabek hingga lintasan Tol Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi).

"Setelah trayek Bekasi-Jakarta via Tol Jakarta-Cikampek, kita akan buka rute lain melintasi Jagorawi," kata Kepala BPTJ Bambang Prihantono di Bekasi, Kamis (7/9/2017).

Menurut dia, perluasan layanan Transjabodetabek itu masih dalam tahap pembahasan bersama sejumlah instansi terkait di wilayah setempat. "Dipertimbangkan menyasar juga Jagorawi," katanya.

Baca juga:

Keren! Angkot Ber-AC di Bekasi Mulai Diberlakukan Secara Bertahap

Organda: Angkot Sekarang Tidak Cocok Dipasangi AC

Namun Bambang belum bisa memastikan kapan Transjabodetabek mulai beroperasi di lintasan Jagorawi karena masih fokus pada implementasi di lintasan Tol Jakarta-Cikampek. "Saat ini kami meminjam dulu bahu jalan tol untuk lintasan Transjabodetabek," katanya.

Bambang mengatakan Kota Bekasi saat ini masih menjadi satu-satunya daerah di pinggiran Jakarta yang tengah menjalani uji coba bus premium tersebut melalui trayek Mega Bekasi Hypermal menuju Plaza Senayan.

Pada uji coba yang berlangsung Kamis pagi, bus mencatat waktu perjalanan 70 menit dengan melintasi Gerbang Tol Bekasi Barat- Tol Jakarta- Cikampek- Tol Dalam Kota- Semanggi- Jenderal Sudirman- Jalan Pintu Gelora 1- Jalan Asia-Afrika- Jalan Akses Sentral Senayan (titik pemberhentian).

"Target kami bus Transjabodetabek dapat menembus kepadatan lalu lintas jam sibuk Bekasi dan Jakarta maksimal 1,5 jam, namun dalam perjalanan uji coba ini ternyata lebih cepat 20 menit sampai ke tujuan," katanya.

Baca juga:

Pengusaha Terbebani jika Angkot Harus Pakai AC

Angkot AC Hanya Cocok di Jakarta


Bus premium tersebut rencananya akan memasang tarif tiket perjalanan Rp20.000 per penumpang untuk trayek Bekasi-Senayan berikut fasilitas bus berupa free wi-fi, reclining seat, seat belt, charger hingga pengawalan khusus vooridjer Kementerian Perhubungan.

"Selama masa uji coba 7-20 September 2017, ongkos perjalanannya kita diskon menjadi Rp15.000 per penumpang," katanya.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini