nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Nasabah Masih Anggap Gesek Kartu di Mesin Kasir sebagai Transaksi Sah

Ulfa Arieza, Jurnalis · Jum'at 08 September 2017 20:08 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 09 08 320 1772259 nasabah-masih-anggap-gesek-kartu-di-mesin-kasir-sebagai-transaksi-sah-QwmepqU4y5.jpg Ilustrasi: (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Penggesekan ganda kartu kredit dapat membahayakan nasabah. Pada tangan yang salah, menggesek kartu kredit selain ke mesin Electronic Data Capture (EDC) milik bank, data nasabah bisa langsung dibaca, bahkan langsung disalin. 

Risiko yang paling berbahaya adalah ketika salinan data digunakan oknum yang tidak bertanggung jawab untuk membuat kartu kredit baru menggunakan data nasabah yang terekam. 

Baca juga: Gesek Ganda Kartu Kredit hingga Debit Bahaya, Aprindo: Apa Beda Ditulis dan Digesek?

Sayangnya, praktek penggesekan ganda kartu kredit marak ditemui. Salah satu penyebabnya adalah pengetahuan nasabah yang minim akan risiko double swipe, bahkan sebagian nasabah masih mengira double swipe sah dilakukan dalam transaksi yang menggunakan kartu kredit.

" Nasabah merasa hal ini biasa saja untuk dilakukan. Karena nasabah tidak tahu," ujar General Manager Asosiasi Kartu Kredit Indonesia (AKKI) Steve Marta saat dihubungi Okezone

Menurut Steve, pemahaman nasabah tentang double swipe adalah tanggung jawab bank. Oleh karena itu, Steve meminta bank mengambil langkah tegas atas praktik double swipe, baik dari sisi edukasi maupun regulasi. 

Baca juga: Gesek Kartu di Mesin Kasir Berbahaya, Harus Ada Sanksi!

"Concern double swipe sudah di sampaikan ke bank. Bank yang harus menjaga keamanan pemegang kartu, karena tidak banyak yang dapat dilakukan pemegang kartu jika prosedur merchant mengharuskan untuk dilakukan," kata dia. 

Sekadar informasi, larangan double swipe juga sudah ditegaskan oleh Bank Indonesia (BI). Bank sentral menegaskan bahwa penggesekan kartu kredit hanya dilakukan pada mesin Electronic Data Capture (EDC). Nasabah, tidak diperkenankan untuk melakukan penggesekan di mesin kasir saat transaksi.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini