Image

TRIK HEMAT: Ingin Lamar CPNS, Apa Perlu Alokasi Dana Khusus?

Lidya Julita Sembiring, Jurnalis · Minggu 10 September 2017, 06:22 WIB
https img k okeinfo net content 2017 09 09 320 1772773 trik hemat ingin lamar cpns apa perlu alokasi dana khusus P7SYcLkoWM jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - Pemerintah tahun ini membuka lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) secara besar-besaran di Kementerian/Lembaga (K/L) negara. Hal ini karena semakin banyak kebutuhan pegawai dengan banyaknya juga pegawai negeri sipil (PNS) yang pensiun di tahun ini.

Pendaftaran akan mulai dibuka di bulan ini untuk K/L Pemerintah mulai dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) hingga Kementerian Pariwisata (Kemenpar). Dengan membuka CPNS besar-besaran ini, Pemerintah mencari putra-putri terbaik bangsa untuk ikut membangun negara menjadi lebih maju.

Namun, tahukan anda untuk ikut melamar CPNS dibutuhkan biaya dari tes TOEFL bagi anda yang belum pernah tes dan cek kesehatan, hingga mengurus berkas-berkas persyaratan yang dibutuhkan.

Baca juga: Pendaftaran CPNS Dibuka Senin, Cek Prosedurnya

Bagi yang sudah kerja mungkin tidak sulit mencari biaya karena sudah memiliki tabungan. Tapi bagi yang baru lulus kuliah ini mungkin kendala tersendiri.

Perencana Keuangan Andi Nugroho mengatakan untuk tes Toefl memang sedikit mahal bagi yang belum kerja. Tapi untuk yang lainnya mungkin tidak banyak. Hal ini memang sudah di jaga pemerintah agar bagi yang baru lulus kuliah tetap bisa melamar.

"Kalau yang baru lulus kuliah bisa lah menabung untuk mengurus berkas untuk fotocopy. Tapi untuk tes Toefl bisa meminta kepada orang tua tambahannya. Tapi yang setelah lulus masih diberi uang saku oleh orang tua harusnya bisa menabung," ungkapnya kepada Okezone.

Baca juga: Gelombang Pertama CPNS 2017, BKN: Banyak Beredar Informasi Palsu!

Sehingga ia mengatakan sebenarnya tidak ada trik khusus karena ini bukannya sesuatu yang membutuhkan dana yang besar. Karena pemerintah memang tidak memberikan syarat dengan mengeluarkan dana yang besar.

"Tahap awal administrasi mungkin berkas yang perlu dipersiapkan dan fotocopy saya rasa tidak perlu menabung. Mungkin kalau yang lolos tahap II dan tempat tes jauh dari tempat tinggalnya, itu lain cerita. Karena biaya kayaknya tidak ditanggung pemerintah," tukasnya.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini