Image

Mau Bisnis Online Makin Untung? Gunakan Social Media

Agregasi Senin 11 September 2017, 05:50 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 09 09 320 1772788 mau-bisnis-online-makin-untung-gunakan-social-media-kOyzWJZMOl.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - Dunia digital sudah menjadi bagian dari banyak lini kehidupan. Keberadaan internet memberi pengaruh ke dalam dunia bisnis. Dengan menggunakan internet sebagai alat bantu untuk pengembangan sebuah bisnis, membuat segalanya menjadi lebih efektif dan efisien. Dalam dunia internet, jarak menjadi bukan masalah lagi dan waktu menjadi lebih cepat dan efektif.

Kenali Alat Pemasaran dalam Dunia Online

Untuk memulai memaksimalkan dunia online sebagai alat bantu pengembangan bisnis, sebelumnya Anda harus dapat megenal alat yang akan digunakan dalam bisnis online. Hal-hal apa saja yang dapat Anda persiapkan. Salah satunya yang harus Anda miliki adalah surat elektronik.

Keberadaan surat elektronik atau email adalah hal yang mutlak untuk Anda miliki dalam dunia online. Walau tampak sepele, banyak juga orang yang masih awam dengan hal ini, bahkan cenderung mengabaikan karena tidak merasa perlu. Untuk beberapa alat selanjutnya, ada dua yang wajib untuk Anda miliki, yaitu:

1. Social Media

Jaringan social media merupakan alat vital bagi Anda untuk dapat terhubung dengan pengguna internet. Melalui jaringan ini, Anda dapat mempromosikan bisnis. Mulailah dengan menggunakan Facebook dan selanjutnya Instagram dan menyusul social media yang lainnya. Tetapi, Facebook saat ini masih menjadi alat pemasaran yang efektif bagi pebisnis pemula dan profesional untuk dapat memaksimalkan pemasaran

2. Website

Website merupakan alat bantu pemasaran bagi Anda untuk dapat memberikan banyak informasi mengenai produk. Calon konsumen dapat membaca dan melihat secara jelas dengan menjelajah halaman demi halaman pada website Anda. Saat ini memiliki website tidak harus mahir dalam memakai aplikasi dan sistem internet. Kini banyak tersedia jasa penyedia website yang memberikan kemudahan. Anda tinggal menyesuaikan isi dan tulisan yang sesuai dengan bisnis yang dijalankan.

Strategi dengan Menggunakan Sistem Online

Setelah Anda menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan dan yakin bahwa alat sudah siap untuk digunakan, pelajarilah bagaimana strategi untuk memaksimalkan pemasaran dalam dunia maya. Ada beberapa hal yang dapat dipergunakan sesuai dengan bisnis yang digeluti.

Dalam dunia online, Anda tidak akan dapat memilih dan menyaring siapa saja calon konsumen. Sebab melalui dunia internet, semua pengguna dapat berbisnis walaupun berada di luar negeri sekalipun. Yang menjadi pertanyaan, bagaimana pengguna internet dapat mengetahui bisnis dan bisa tertarik dengan apa yang ditawarkan.

1. Memanfaat Iklan untuk Promosi

Untuk menarik perhatian pengguna agar tertarik dengan bisnis, Anda dapat manfaatkan iklan dalam dunia internet. Jenis iklan ini bermacam-macam. Ada yang dapat Anda gunakan dalam Facebook atau dapat juga memanfaatkan iklan yang disediakan Google, yaitu Google Ads. Pada jaringan iklan ini, Google akan memaksimalkan jaringan alamat internet yang Anda gunakan.

Dengan memberikan banyak informasi pada setiap blog atau website yang menyediakan kolom Google Ads, secara terus menerus kolom tersebut akan mengingatkan pengguna internet tentang bisnis Anda. Atau juga dengan menggunkan jaringan iklan yang disediakan Facebook. Harga yang ditawarkan tiap-tiap penyedia iklan terebut relatif terjangkau dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

2. Search Engine Optimization (SEO)

Teknik atau strategi ini adalah teknik dengan mengoptimalkan mesin pencari agar mereferensikan bisnis kita di urutan teratas dari hasil pencarian. Tentunya cara ini lebih hemat dibandingkan dengan menggunakan iklan. Teknik ini bertujuan untuk memaksimalkan kekuatan sebuah kata yang relevan dengan bisnis sehingga dominasi kata tadi akan merujuk bisnis kita ke daftar atas hasil dari mesin pencari (search engine).

Prinsip dasar yang digunakan memang seperti yang sudah disampaikan. Tetapi, untuk memaksimalkan bisnis melalui teknik ini, Anda memerlukan beberapa keahlian dan trik untuk memulainya. Karena itu, cobalah untuk mengikuti kelas singkat yang bertajuk SEO untuk menambah skill Anda.

3. Bayar dari Setiap Klik

Ada juga metode dengan menggunakan system prabayar. Untuk sistem ini, Anda akan menggunakan bantuan pihak ketiga penyedia jasa. Metode ini biasa disebut dengan pay per click (PPC). Sesuai dengan namanya, Anda akan memilih website yang sudah berafiliasi dengan penyedia jasa dan membayar dari setiap klik yang dilakukan pengunjung website tersebut.

Harga yang diberikan untuk setiap website bermacam-macam. Semakin ramai dikunjungi, semakin mahal juga harga yang harus dibayarkan. Harga dari per klik beragam mulai dari Rp100-Rp500 atau bahkan lebih. Sistem pembayarannya sama dengan kita membeli pulsa handphone. Untuk setiap klik dari pengguna internet yang akan terhubung dengan website, nominal yang dibayarkan akan berkurang. Semakin banyak pengunjung yang melihat iklan kita yang akan dihubungkan dengan website, semakin cepat berkurang juga nominal deposit yang dibayarkan pada pihak ketiga penyedia jasa PPC tersebut.

Efektifitas Online Marketing

Memanfaatkan online marketing merupakan langkah jitu bagi pengembangan bisnis. Selain efektif, online marketing dapat menembus batasan-batasan yang ditemui pada sistem pemasaran konvensional. Tidak heran kita dapat mengembangkan bisnis dalam waktu yang relatif singkat dibandingkan dengan cara pemasaran konvensional.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini