Image

Pakai Ulos, Ini Hadiah Sri Mulyani untuk Wisudawan di Toba Samosir

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Minggu 10 September 2017, 13:57 WIB
https img z okeinfo net content 2017 09 10 20 1773013 pakai ulos ini hadiah sri mulyani untuk wisudawan di toba samosir YbHY3FFjHl jpg Sri Mulyani-Luhut Foto Bareng dengan Wisudawan (Foto: Facebook)

JAKARTA - Hari Sabtu 9 September 2017, Menteri Keuangan Sri Mulyani memberikan orasi ilmiah yang berjudul "Peningkatan Kualitas Pendidikan melalui Sumberdaya Manusia dan Teknologi” pada acara Wisuda Umum Institut Teknologi DEL di Toba Samosir, Sumatera Utara.

Ditemani Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Sri Mulyani mengatakan, institusi pendidikan tinggi merupakan wadah penting untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang sesuai dengan kebutuhan pengguna tenaga kerja dan perkembangan terkini dunia kerja sehingga kemudian angkatan kerja dapat terserap secara maksimal dan mendorong terciptanya perekonomian yang unggul dan berkelanjutan.

 

"Peningkatan kualitas sumber daya manusia memainkan peran penting untuk menciptakan pertumbuhan yang berkelanjutan. Kemajuan teknologi tidak bisa dihindari dan bagi negara berkembang seperti Indonesia, mengadopsi dan mengembangkan teknologi dari negara lain dapat menjadi batu loncatan untuk pembangunan ekonomi," tulis Sri Mulyani dalam akun Facebook pribadinya @smindrawati, Jakarta, Minggu (10/9/2017).

Baca Juga: Begini Aksi Sri Mulyani Gagalkan Ribuan Handphone hingga Drone Selundupan

Namun demikian, lanjut Sri Mulyani adopsi teknologi tidak cukup karena teknologi juga dapat menjadi obsolete atau usang. "Kami pun mengharapkan agar institusi pendidikan tinggi dapat berperan aktif dalam mengembangkan teknologi yang ada, yang manfaatnya dapat langsung dirasakan oleh masyarakat," sambungnya.

 

Dalam hal ini Sri Mulyani menaruh harapan besar pada Institut Teknologi Del yang menyatakan akan berfokus kepada pendidikan teknologi yang dapat membantu Indonesia mengembangkan ekonomi berbasis teknologi, guna mendorong pertumbuhan ekonomi di masa depan.

Baca Juga: Simak! Cerita Sri Mulyani Pertama Kali ke Perpustakaan Kemenkeu

Dengan ilmu, teknologi dan pendidikan karakter yang Anda terima selama menuntut ilmu, jadikanlah sebagai aset yang bukan hanya untuk Anda sendiri tapi juga untuk dibagi dan diberi kepada bangsa ini.

 

"Pada saat Anda melangkah memasuki kehidupan setelah lulus sarjana, teruslah memiliki sikap untuk memberi dan membagi tersebut. Dengan semakin banyak manusia Indonesia yang bersedia untuk memberi, membagi dan peduli dengan orang lain maka Indonesia akan menjadi negara yang besar sesuai dengan cita-cita pendiri negara ini untuk menjadi negara yang berdaulat, adil dan makmur," sambungnya.

Setelah memberikan orasi ilmiah, Sri Mulyani pun diberikan kain ulos dan melakukan swafoto dengan ratusan wisudawan.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini