Image

Fakta! Kehadiran BPJS Kesehatan Tekan Kinerja Saham Sektor Kesehatan

Ulfa Arieza, Jurnalis · Selasa 12 September 2017, 05:39 WIB
https img k okeinfo net content 2017 09 11 278 1773721 fakta kehadiran bpjs kesehatan tekan kinerja saham sektor kesehatan nq0VYsUcE0 jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Pemerintah telah meluncurkan program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Program ini menjadi penjamin kesehatan nasional melalui kerjasama antara Pemerintah dengan pihak rumah sakit.

Namun, di balik manfaatnya tersebut, ternyata kehadiran program ini menjadi beban bagi perusahan yang bergerak di sektor kesehatan.

Direktur Investa Saran Mandiri Hans Kwee mengungkapkan perusahaan yang bergerak di sektor kesehatan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) mengalami konsolidasi setelah adanya program BPJS Kesehatan.

"Sektor kesehatan sendiri mereka sedikit konsolidasi setelah ada BPJS kesehatan, agak terganggu kinerja perusahaan," ujarnya saat dihubungi Okezone.

Hans mengatakan, kerugian yang dialami perseroan diakibatkan banyaknya pasien yang mencari pembiayaan gratis dari layanan BPJS Kesehatan. "Karena orang cenderung mencari yang gratis,"kata dia.

Kendati demikian, Hans meyakini dalam jangka panjang, kondisi ini akan kembali normal. Pasalnya banyak orang yang menyadari pentingnya investasi dalam kesehatan setelah hadirnya BPJS Kesehatan.

"Ke depan kondisinya membaik, karena banyak rumah sakit bekerja sama dengan BPJS dan kedua perhatian orang tentang kesehatan meningkat setelah ada BPJS Kesehatan," kata dia.

Terbaru, kasus meningglanya bayi Debora yang berumur empat bulan lantaran diduga ditelantarkan oleh PT Mitra Keluarga Karyasehat Tbk (MIKA). Rumah sakit tidak memberikan perawatan lebih lanjut karena keluarga Debora merupakan anggota BPJS Kesehatan, sedangkan pihak rumah sakit belum bekerjasam dengan BPJS Kesehatan. Sehingga pasien harus melunasi administrasi pembayaran.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini