Image

Belum Optimal, Menko Darmin Berharap Belanja Pemerintah Dorong Pertumbuhan Ekonomi

Trio Hamdani, Jurnalis · Rabu 13 September 2017, 15:45 WIB
https img okeinfo net content 2017 09 13 20 1775101 belum optimal menko darmin berharap belanja pemerintah dorong pertumbuhan ekonomi 7H9iS7ks97 jpg Ilustrasi: (Foto: Antara)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution, mengatakan ada 4 pilar yang menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Keempat pilar itu, di antaranya konsumsi rumah tangga, investasi, ekspor-impor dan pengeluaran pemerintah. 

"Suatu perekonomian perlu ditopang oleh empat pilar sebetulnya untuk bisa berkembang dengan optimum. Pertama adalah konsumsi rumah tangga, yang kedua adalah investasi, yang ketiga adalah ekspor-impor, keempat adalah pengeluaran pemerintah," ujar Darmin di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (13/9/2017).

Baca Juga:  Sri Mulyani: Pertumbuhan Ekonomi Harus Inklusif dan Berkeadilan

Menurut Darmin, salah satu komponen tersebut ada belum memberi kontribusi optimal, yakni porsi pengeluaran pemerintah. Dirinya berharap dalam beberapa kuartal ke depan pengeluaran atau belanja pemerintah bisa ditingkatkan. 

Baca Juga: Menkeu Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi 2017 Hanya 5,17%, Menko Darmin: Ya Sudah, Dengerin Aja!

"Kalau kita lihat dari 4 motor penggerak itu, sebetulnya tinggal pengeluaran pemerintah yang belum mencapai posisi yang optimum. Mudah-mudahan kuartal-kuartal ke depan kita bisa mewujudkannya," jelasnya. 

Dengan positifnya laju empat pilar tersebut serta dapat berjalan optimal pada tahun depan, Darmin yakin bahwa target pertumbuhan ekonomi sebesar 5,4% pada 2018 akan terealisasikan dengan baik. 

Baca Juga: Sri Mulyani Sebut Pertumbuhan Ekonomi 2017 di 5,17%, Tak Sampai 5,2%

"Kalau itu bisa dihidupkan, sementara tiga yang lain sudah bergerak baik, maka kita bisa berharap pertumbuhan kita memang akan bergerak di atas yang terjadi sampai tahun ini yaitu kita targetkan 5,4% tahun depan," tandasnya. 

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini