Image

Simak! Menko Darmin Targetkan Serapan Anggaran Kemenko Perekonomian Tahun Ini Capai 95%

Trio Hamdani, Jurnalis · Rabu 13 September 2017, 18:25 WIB
https img okeinfo net content 2017 09 13 20 1775242 simak menko darmin targetkan serapan anggaran kemenko perekonomian tahun ini capai 95 TPciWqOt5u jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution menargetkan serapan anggaran kementeriannya mencapai 95% pada 2017. Angka tersebut sama seperti realisasi 2016, dan lebih tinggi dari realisasi 2015 yang di bawah 90%.

"Tahun yang lalu 2016, itu realisasi anggaran kita mencapai 95% dari pagunya. Di 2015 itu masih agak rendah, masih sedikit di bawah 90%. Realisasi sampai dengan Juli 2017 dan kemudian kontrak yang sedang dalam proses lelang, kami yakin tahun ini akan mencapai 95%," katanya di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (13/9/2017).

Baca Juga: Simak! Defisit Anggaran hingga Agustus 2017 Rp224,3 Triliun, Setara 1,64% PDB

Darmin menjelaskan, anggaran kementeriannya secara umum diperuntukkan menyelesaikan pembahasan sejumlah proyek di bawah Kemenko Perekonomian. Di antaranya pengembangan e-commerce, keuangan inklusif dan juga Kredit Usaha Rakyat (KUR).

"Pada road map nasional e-commerce itu bersama-sama tentu saja dengan Menteri Kominfo dan sejumlah menteri terkait, tetapi komitenya itu ada di Kantor Menko Perekonomian. Keuangan inklusif dan juga KUR komitenya ada di Kantor Menko Perekonomian," ujarnya. 

Baca Juga: Catat! APBN untuk Bangun Jalan, UU Siap Dirombak

Kata Darmin, Kemenko Perekonomian juga berperan menjaga stabilisasi harga lewat pembentukan TPID (Tim pengendali inflasi daerah) dengan Bank Indonesia dan kementerian terkait. Kemudian, sedikitnya ada 245 proyek strategis nasional di seluruh Indonesia yang peran Kemenko Perekonomian ada di dalamnya.

"Selain itu, ada juga penyiapan paket kebijakan dan ada 10 program besar yang tidak melulu hanya pengambilan kebijakan. Di dalamnya ada unsur pelaksanaan bersama-sama menteri terkait yang bertanggung jawab," terang Darmin. 

Baca Juga: Begini Rencana Pembiayaan Infrastruktur Rp4.796 Triliun, 41% dari APBN

Bermarkas di Kantor Kemenko Perekonomian, Darmin menambahkan bahwa pihaknya juga ditugaskan memonitor, mengevaluasi dan memfasilitasi terkait penyelesaian problem dan hambatan pada proyek strategis nasional.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini