Image

Wah, Bitcoin Jadi Sasaran Investasi di Tengah Perlambatan Ekonomi Global

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Kamis 14 September 2017, 06:38 WIB
https img okeinfo net content 2017 09 13 278 1774973 wah bitcoin jadi sasaran investasi di tengah perlambatan ekonomi global iwlYEnVFOo jpg Ilustrasi: Reuters

JAKARTA - Kini semua dunia kembali membicarakan Bitcoin. Sebab, Bitcoin sekarang dianggap sebagai instrumen yang paling diminati. Apalagi dalam setahun terakhir ini, harga mata uang digital ini meroket sangat tinggi.

Menurut suvei bulanan Bank of America Merrill Lynch Fund Managers, Bitcoin sekarang dianggap sebagai investasi paling diminati. Hal ini menandakan investor percaya di satu sisi perdagangan dan bisa jadi karena pembalikan sebelumnya.

Baca Juga: Banyak Gejolak Geopolitik, Bitcoin dan Ethereum Kompak Cetak Rekor!

Harga Bitcoin telah melonjak sekira 330% tahun ini. Hal ini dipengaruhi oleh ketertarikan untuk mendapatkan mata uang ini, serta karena bitcoin menjadi alternatif investasi akibat beberapa ketidakpastikan situasi perekonomian global.

Dalam sebuah survei di Wall Street yang melibatkan lebih dari 200 manajer investasi global dengan aset kelolaan USD600 miliar menyatakan bitcoin masih menjadi prioritas dari pelaku pasar.

Bitcoin menjadi alternatif investasi selain saham di indeks Nasdaq dan dolar AS.Dalam survei tersebut, Bitcoin mendapat 26% suara, Nasdaq hanya meraup 22% dan dolar AS menguasai 21% suara.

Baca Juga: Sempat Cetak Rekor USD5.000, Bitcoin Kini Parkir di Harga USD4.529

Selain kekhawatiran atas perdagangan Bitcoin, manajer dana mundur dari saham AS. Alokasi kolektif terhadap ekuitas domestik turun ke level tertimbang 28% bersih, yang merupakan level tertinggi sejak November 2007, tak lama setelah pasar mencapai tingkat tertinggi sebelum krisis.

Investor juga mulai resah terhadap pertumbuhan global, bahkan saat para ekonom meningkatkan ekspektasi mereka. Hanya 25% yang mengharapkan gambaran global lebih kuat dalam 12 bulan ke depan, turun dari 62% pada awal 2017.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini