Share

Menko Luhut: Masyarakat Bisa Berangkat Haji Lewat Bandara Kertajati Tahun Depan

Trio Hamdani, Jurnalis · Rabu 13 September 2017 15:07 WIB
https: img.okezone.com content 2017 09 13 320 1775049 menko-luhut-masyarakat-bisa-berangkat-haji-lewat-bandara-kertajati-tahun-depan-2pmp3mDKsF.jpg Foto: Trio/Okezone

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Panjaitan ingin pembangunan Bandara Kertajati, Jawa Barat terus dikebut agar Lebaran Haji 2018 bisa digunakan untuk penerbangan ke Tanah Suci, Arab Saudi.

"Kita sepakat (musim) Haji tahun depan bisa berangkat dari (bandara) Kertajati," kata Luhut dalam Rapat Badan Anggaran (Banggar) bersama Anggota DPR, Rabu (13/9/2017).

Baca juga: Operasikan Bandara Kertajati, AP II Teken MoU dengan Pemprov Jabar

Sejumlah persoalan sudah diselesaikan guna melancarkan pembangunan bandara tersebut. "Kertajati itu kemarin sudah tanda tangan kerjasama AP II (Angkasa Pura II) dan Pemerintah Jawa Barat yang bertahun-tahun tak beres menyangkut saham. Bisnis modelnya kita buat sedemikian rupa sehingga kedua belah pihak nyaman," jelas Luhut.

Baca juga: Bandara Kertajati, Bukti Sayang Presiden Jokowi ke Masyarakat Jawa Barat

Namun Luhut menjelaskan bahwa ada persoalan yang masih perlu diselesaikan terkait pembangunan Bandara Kertajati, yakni masalah akses jalan dari Bandung ke bandara yang sempat bersengketa itu namun sudah berhasil diselesaikan. Tapi muncul masalah lain.

"Isu sekarang jalan Kertajati-Bandung 60 km kita coba speed up. Nah pemerintah yang porsinya hampir 30 km sudah selesai tapi sisanya 32 km swasta kelihatannya masih bermasalah," jelasnya.

Baca Juga: Beroperasi Tahun Depan, Menhub : Tak Ada Masalah Pembebasan Lahan Bandara Kertajati

Luhut pun telah memanggil pihak swasta tersebut untuk menjelaskan persoalan yang mereka hadapi sehingga didapatkan solusi agar tidak menghambat pembangunan Bandara Kertajati.

"Kita ingin naik haji tahun depan rakyat bisa nikmati Kertajati dengan baik," tandasnya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini