Image

Wih, Pengusaha Sebut Orang Kaya Lebih Pilih Sewa Jet Pribadi Dibandingkan Belanja

Dedy Afrianto, Jurnalis · Rabu 13 September 2017, 18:55 WIB
https img o okeinfo net content 2017 09 13 320 1775274 wih pengusaha sebut orang kaya lebih pilih sewa jet pribadi dibandingkan belanja K7BzOJJD5Q jpg Ilustrasi: (Foto: Reuters)

JAKARTA - Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) mengatakan pertumbuhan industri ritel saat ini terus menurun. Aprindo mencatat di kuartal II 2017 industri ritel hanya tumbuh sebesar 3,7% atau turun dari kuartal I-2017 sebesar 3,9%.

Ketua Umum Aprindo Roy Mandey mengatakan hal ini terjadi karena telah terjadi perubahan pola konsumsi dari masyarakat baik kelas bawah, menengah hingga atas.

 Baca juga: Waduh! Aprindo Proyeksi Pertumbuhan Industri Ritel Melambat di Semester II

"Konsumsi kelas menengah dan atas terjadi penundaan belanja karena melihat situasi yang belum kondusif seperti sentimen negatif isu politik, isu korupsi bahkan isu pemilu. Jadi wait and see konsumen yang punya uang. Jadi bukan kehilangan daya beli tapi menahan daya beli," ungkapnya di Kawasan SCBD, Jakarta, Rabu (13/9/2017).

 Baca juga: Dikabarkan Kinerja Turun, Mendag Paparkan Kuatnya Perusahaan Retail!

Menurutnya, selain itu masyarakat saat ini juga lebih memilih untuk melakukan wisata dibandingkan berbelanja di ritel modern. Sehingga alokasi belanjanya berubah, bahkan dirinya mengklaim banyak masyarakat kelas atas yang menyewa pesat pribadi hanya untuk berlibur.

 Baca juga: Hambat Perkembangan UMKM, Toko Retail Modern di Daerah Harus Dibatasi!

"Hedonisme traveling. Semakin banyak pesawat pribadi yang hilir mudik di Halim yang menyewa private jet karena punya kemampuan dan sudah tidak belanja ke ritel lagi," tukasnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini