Image

BUSINESS HITS: Uji Coba Sampah Plastik Jadi Aspal, Menko Luhut Belajar Pungut Sampah dari India

Trio Hamdani, Jurnalis · Kamis 14 September 2017, 02:20 WIB
https img okeinfo net content 2017 09 13 320 1775311 business hits uji coba sampah plastik jadi aspal menko luhut belajar pungut sampah dari india PI1Vr5qhpN jpg Foto: Okezone

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Panjaitan akan kembali menguji coba sampah plastik. Jika sebelumnya, sampah plastik digunakan untuk pembuatan aspal di Bali, maka bulan ini akan diuji cobakan di Bekasi, Jawa Barat.

"Kita sudah buat di Bali 1 kilometer (km) lebar 7 meter campuran 10% (sampah plastik). Itu timbulkan cost (biaya) turun 10% dan daya tahannya bagus. Minggu depan kita akan coba Bekasi 3 kilometer juga lebar sama (dengan Bali, 7 meter)," kata Luhut.

Namun, saat ini, menurut Luhut yang masih perlu dikaji lebih lanjut ialah sistem pemungutan sampah plastik yang bakal digunakan untuk campuran pembuatan aspal. Untuk masalah ini, Luhut mengaku akan belajar dari India.

"Kami sedang kerjakan gimana sistem pemungutannya. Kami belajar dari India bagaimana mengajak anak sekolah untuk turun ambil sampah di kelilingnya ke tempat penampungannya," tandasnya.

Baca Selengkapnya: Top! Aspal dari Sampah Plastik Sepanjang 3 Km Siap Diuji Coba di Bekasi

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini