Image

Bahas Gesek Ganda Kartu Kredit dan Debit, Bank Indonesia Siap Kumpulkan Perbankan dan Ritel

Ulfa Arieza, Jurnalis · Rabu 13 September 2017, 20:28 WIB
https img z okeinfo net content 2017 09 13 320 1775356 bahas gesek ganda kartu kredit dan debit bank indonesia siap kumpulkan perbankan dan ritel jy8L7RJ7Pt jpg Ilustrasi: (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Bank Indonesia (BI) berencana mengumpulkan seluruh pihak perbankan dan asosiasi pengusaha ritel terkait dengan implementasi Peraturan Bank Indonesia (PBI) nomor 18 tahun 2016 terkait larangan pembayaran Double Swipe atau gesek kartu debit atau kredit dua kali di gerai ritel modern. Pertemuan ini rencananya akan digelar esok hari.

"Besok dengan asosiasi dan perbankan kita agendakan pertemuan," kata Direktur Eksekutif Departemen Kebijakan dan Pengawasan Sistem Pembayaran BI Eni Panggabean di Gedung Bank Indonesia, Rabu (13/9/2017). 

Baca Juga: 35.000 Perusahaan Ritel Janji Tidak Lakukan Double Swipe Kartu Kredit hingga Debit

Selain sosialisasi, Eni mengatakan, dalam pertemuan tersebut, bank sentral juga akan mendengarkan keluhan dari pengusaha ritel. BI juga akan mencarikan solusi atas tambahan waktu antre di toko lantaran kasir harus mengetik secara manual untuk menghindari gesek di mesin kasir.

"Ya kita dengarkan keluhannya besok. kan kita terus saja sosialisasi ya pihak perbankan acquire semua kita sosialisasi," kata dia. 

Baca Juga: Pengusaha: Data Transaksi Ritel Modern Tersimpan dengan Baik!

Sekadar informasi, Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) menyatakan mendukung secara penuh Peraturan Bank Indonesia (PBI) nomor 18 tahun 2016 terkait larangan pembayaran Double Swipe atau gesek kartu debit atau kredit dua kali di gerai ritel modern. Bank Indonesia melalui PBI tersebut menegaskan bahwa gesek kartu hanya diperbolehkan pada mesin  Electronic Data Capture (EDC). Konsumen dilarang untuk menggesek di mesin kasir. 

Namun, adanya larangan tersebut, dikatakan Aprindo, memberikan konsekuensi yang harus diterima oleh pelanggan, yakni antrean di mesin kasir makin lama hingga 20 detik.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini