Image

Marak Gesek Ganda Kartu Kredit dan Debit, Bank Indonesia Sarankan Adanya Integrasi

Ulfa Arieza, Jurnalis · Rabu 13 September 2017, 20:35 WIB
https img z okeinfo net content 2017 09 13 320 1775364 marak gesek ganda kartu kredit dan debit bank indonesia sarankan adanya integrasi wX8eoq04uf jpg Ilustrasi: (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Bank Indonesia (BI) memberikan solusi atas praktik gesek kartu debit dan kredit dua kali di gerai ritel modern atau double swipe. Bank sentral dengan tegas melarang konsumen menggesek kartu di komputer atau mesin kasir. Gesek kartu hanya boleh dilakukan di mesin Electronic Data Capture (EDC) milik bank. 

Direktur Eksekutif Departemen Kebijakan dan Pengawasan Sistem Pembayaran BI Eni V Panggabean mengatakan hendaknya ada kerjasama dari pihak bank dan industri ritel untuk menciptakan mesin EDC yang terintegrasi dengan komputer. Sehingga dalam sekali gesek di mesin EDC, maka data dapat di transferkan ke komputer itu. 

Baca Juga: Pengusaha: Data Transaksi Ritel Modern Tersimpan dengan Baik!

"Mereka kan bisa menciptakan EDC untuk langsung nge-link ke komputernya jadi sebetulnya enggak perlu di komputer harus ada EDC yang terintegrasi," ujarnya di Gedung Bank Indonesia, Rabu (13/9/2017). 

Oleh karena itu, untuk mengakomodasi dua belah pihak, bank sentral berencana mengumpulkan seluruh perbankan dan asosiasi pengusaha ritel terkait dengan implementasi Peraturan Bank Indonesia (PBI) nomor 18 tahun 2016. Pertemuan ini rencananya akan digelar esok hari.

Baca Juga: 35.000 Perusahaan Ritel Janji Tidak Lakukan Double Swipe Kartu Kredit hingga Debit

"Besok dengan asosiasi dan perbankan kita agendakan pertemuan," kata Eni.

Selain sosialisasi, Eni mengatakan, dalam pertemuan tersebut, bank sentral juga akan mendengarkan keluhan dari pengusaha ritel. BI juga akan mencarikan solusi atas tambahan waktu antre di toko lantaran kasir harus mengetik secara manual untuk menghindari gesek di mesin kasir.

"Ya kita dengarkan keluhannya besok. kan kita terus saja sosialisasi ya pihak perbankan acquire semua kita sosialisasi," tukas dia. 

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini