Image

Jika Sukses, Menko Luhut Janji Pakai Aspal Berbahan Plastik di Seluruh Daerah Tahun Depan

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 13 September 2017, 21:37 WIB
https img okeinfo net content 2017 09 13 320 1775403 jika sukses menko luhut janji pakai aspal berbahan plastik di seluruh daerah tahun depan fXWI8GMzWa jpg Foto: Okezone

JAKARTA - Pemerintah Indonesia tengah serius mengembangkan sampah plastik menjadi bahan aspal jalan. Pengembangan ini dilakukan karena bisa menghemat biaya dalam pembuatan jalan.

Baca juga: Top! Aspal dari Sampah Plastik Sepanjang 3 Km Siap Diuji Coba di Bekasi

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, setelah melakukan uji coba di Bali beberapa waktu lalu, kali ini pihaknya akan kembali memanfaatkan sampah plastik untuk aspal jalan di kota lainnya. Kali ini Bekasi akan jadi kota percobaan selanjutnya untuk aspal jalan dengan campuran plastik.

"Minggu depan kami akan coba lagi di Bekasi," ujarnya saat ditemui di Kantor Kementerian Koordinator bidang Kemaritiman, Jakarta, Rabu (13/9/2017).

Baca Juga: Bikin Aspal dari Limbah Plastik, 16 Kota Besar Bakal Kumpulkan dan Pilah Sampah

Menurut Luhut, jika uji coba itu sukses maka pihaknya akan kembali melanjutkan ke daerah-daerah lainnya di Indonesia. Bahkan jika itu sukses dirinya bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berjanji tahun depan proyek aspal jalan dengan campuran plastik ini bisa dipakai di seluruh daerah.

"Kalau itu sukses, kami dengan Menteri PUPR berjanji tahun depan semua jalan di daerah akan kita pakai itu," jelas Luhut.

Menurut Luhut, penggunanya sampah plastik sebagai bahan pembuatan jalan banyak manfaatnya. Selain hemat biaya, penggunaan sampah plastik juga ternyata bisa memperkuat jalan itu sendiri.

Baca Juga: Punya Sampah Plastik 9,52 Juta Ton, Indonesia Bisa Aspal Jalan 190.000 Km

“Dan itu memberikan kekuatan pada aspal 40%. Cost nya lebih rendah apalagi mesinnya itu buatan dalam negeri semua, harganya Rp10 juta. Kalau daerah punya itu akan bagus, tinggal bagaimana kita," kata Luhut.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini