Image

Simak! Begini Cara Sri Mulyani Hindari Mark Up Anggaran

Lidya Julita Sembiring, Jurnalis · Kamis 14 September 2017, 17:26 WIB
https img okeinfo net content 2017 09 14 20 1776006 simak begini cara sri mulyani hindari mark up anggaran H2fjclTcKr jpg (Foto: Lidya/Okezone)

JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati akan selalu mengawasi penggunaan anggaran yang diberikan kepada daerah. Hal ini agar pemanfaatan dana yang diberikan bisa semaksimal mungkin dan kepala daerah tidak meminta anggaran yang terlalu banyak tetapi tidak dimanfaatkan.

"Kita akan review, tidak selalu dalam bentuk mark up. Estimasi dari pembiayaan program penganggaran itu masih harus diperbaiki sehingga pada saat mereka lakukan desain program pemerintah, seperti yang disampaikan Presiden," ungkapnya di Gedung Djuanda Kemenkeu, Jakarta, Kamis (14/9/2017).

Baca Juga: 

Menurutnya, arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengharuskan bagi setiap anggaran yang diusulkan pemerintah daerah harus detail, yakni mendeskripsikan program yang ingin dicapai dengan jelas dan tujuan jelas. Agar anggaran yang diajukan benar-benar dimanfaatkan bukan digelembungkan atau di-mark up.

"Apa yang mau dicapai jelas, dan estimasi dari biaya juga jelas, sehingga akan mengurangi terjadinya pembiayaan atau penganggaran yang terlalu besar, atau melebihi yang seharusnya dibutuhkan," jelasnya.

Baca Juga: 

Lanjut Sri Mulyani untuk menghindari pengajuan anggaran yang besar tanpa jelas tujuan yang dicapai maka, dirinya meminta agar proses penganggaran diperbaiki. Sehingga saat mengajukan anggaran Pemda harus memberitahukan apa tujuan dan siapa yang akan melaksanakan.

"Kita akan minta kepada pak Dirjen Kemenkeu proses penganggarannya dengan Bappenas untuk betul-betul memperbaiki proses perencanaan anggaran, sehingga tepat dari sisi konten, maupun tepat dari sisi estimasi biayanya. Ini kita harapkan akan berlajut terus menerus. Jadi kita lakukan persiapan untuk 2018 dan ke depan," tukasnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini