Image

Pengguna Listrik Prabayar Baru 26,8% di Sumut, PLN Gencarkan Sosialisasi

Erie Prasetyo, Jurnalis · Kamis 14 September 2017, 13:21 WIB
https img k okeinfo net content 2017 09 14 320 1775774 pengguna listrik prabayar baru 26 8 di sumut pln gencarkan sosialisasi cKg4RhOuYb jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

MEDAN - PT PLN (Persero) Wilayah Sumatera Utara gencar sosialisasi penggunaan listrik prabayar. Lantaran pengguna listrik prabayar masih mencapai 896.436 pelanggan (26,8%) dari total pelanggan, sisanya 2.497.903 (73,2%) masih menggunakan pasca bayar.

Namun bulan terjadi peningkatan pelanggan yang menggunakan produk unggul Listrik Pintar (Pra Bayar). Hingga bulan Agustus 2017, penambahan pelanggan Listrik Pintar di Wilayah Sumatera Utara sebanyak 13.525 pelanggan, yakni pelanggan baru = 11.848 pelanggan, dan migrasi dari pasca bayar sebanyak 1.678 pelanggan.

Baca Juga: Potensi Listrik Panas Bumi di Sarulla hingga 1.000 Mw, Menteri Jonan: Salah Satu Terbesar di Dunia

"Keunggulan menggunakan listrik pintar antara lain pelanggan dapat mengendalikan sendiri pemakaian listrik di rumahnya sesuai kebutuhan dan kemampuan, tidak dikenakan biaya abodemen yang harus ditanggung meskipun tidak memakai listrik. Sangat cocok bagi pemilik rumah atau toko sewa agar terhindar dari tunggakan dan kerugian pemilik rumah akibat tunggakan rekening listrik," ungkap Manajer Bidang Niaga PLN Sumut, Jadima Purba, Kamis (14/9/2017).

Pengguna listrik Prabayar tidak perlu khawatir jika rumah ditinggal dalam waktu lama, karena tidak akan terjadi bayar mahal padahal tidak pakai listrik seperti yang dikeluhkan pelanggan yang masih menggunakan layanan model lama pasca bayar, karena petugas baca meter tidak dapat membaca dengan benar kWH Meter rumah terkunci.

Baca Juga: Menteri Jonan Siap Mati-matian Capai Target Energi Baru Terbarukan 23% di 2025

"Bagaimana jika tengah malam tiba-tiba pulsa listrik pintar habis, tentu padam ? Ini banyak diragukan pelanggan yang ingin migrasi ke Listrik Pintar. Caranya mudah sekali, setiap beli pulsa atau isi ulang listrik pintar belilah 2 token yang setara dengan penggunaan rata-rata bulanan. Jadi tetap ada cadangan 1 token, karena token yang dibeli tidak bisa dipakai oleh pelanggan lain selain nomor meter yang ditunjukkan saat membeli" demikian tambah Purba. 

Dijelaskannya juga, saat ini pembelian token isi ulang mudah didapat melalui Payment Point Online Bank, ATM bank, swalayan-swalayan terdekat termasuk Kantor Pos.

Baca Juga: Menteri Jonan: 10 Kontrak Jual Beli Listrik Siap Ditandatangani!

"Sampai September ini PLN sudah melakukan sosialisasi ke delapan desa dan kelurahan. Sosialisasi sangat berdampak positif, masyarakat yang bermigrasi ke prabayar meningkat. Kami menargetkan akhir tahun 2018, pelanggan PLN Sumut 100% menggunakan listrik prabayar," pungkasnya.

Karena itu, Jadima Purba mengatakan, pelanggan pasca bayar yang akan migrasi ke Listrik Pintar caranya mudah, dengan cara menghubungi contac center 123 (HP 061 123).

"Atau unduh dan aktivasi aplikasi PLN Mobile bagi pengguna Smartphone Android pada google play store melalui link https://goo/gl/6zXtBZ" pungkas Jadima.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini