Image

Jadi Dirut, Budi Gunadi Sadikin Disiapkan Bawa Inalum ke Holding Tambang!

Lidya Julita Sembiring, Jurnalis · Kamis 14 September 2017, 13:27 WIB
https img k okeinfo net content 2017 09 14 320 1775777 jadi dirut budi gunadi sadikin disiapkan bawa inalum ke holding tambang QZEMrbezYy jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

JAKARTA - PT Indonesia Asahan Alumunium (Persero) atau Inalum resmi memiliki Direktur Utama yang baru. Dia adalah Budi Gunadi Sadikin yang merupakan Staf Khusus Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno.

Lalu apakah alasan Menteri Rini mengangkat staf khususnya itu menjadi Dirut Inalum?

 Baca juga: Budi Gunadi Pimpin Inalum, Mantan Dirut: Harus Segera Lari

Rini mengatakan memilih Budi Gunadi Sadikin karena dianggap telah memahami mengenai pertambangan. Dimana dirinya akan dipersiapkan memimpin untuk holding tambang freeport dan juga sudah dekat dengan Kementerian ESDM dan Kementerian Keuangan maka akan mudah untuk berkoordinasi.

 Baca juga: Inalum Siap Ambil Alih Tambang Emas Freeport

"Pada dasarnya, ke depan, Inalum kan akan dipersiapkan menjadi holding tambang dan beliau kan selama ini telah menjadi staf khusus saya dan selama ini juga sudah bekerjasama erat dengen Kementerian ESDM dan Kementerian Keuangan untuk mempersiapkan sehubungan dengan divestasi freeport," ungkap Rini di Kemenko Perekonomian, Kamis (14/9/2017).

 Baca juga: Selamat! Inalum Punya Dirut Baru: Budi Gunadi Sadikin

Selain itu, Menteri Rini juga menilai Budi Gunadi orang yang tepat karena memiliki kemampuan yang tidak diragukan lagi. Selain itu juga punya latar belakang memimpin salah satu Bank BUMN yang cukup lama.

"Dan beliau sangat capable, pernah menjadi Direktur Mandiri, menjadi Direktur Bank Mandiri cukup lama. Kami melihat bahwa beliau memang memiliki kemampuan untuk itu. Memang dilihat Inalum sebagai perusahaan holding," tukasnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini