Image

Perlu Banyak Likuiditas? Jangan Khawatir, Perbankan RI Punya Banyak Dana Asing

Ulfa Arieza, Jurnalis · Kamis 14 September 2017, 15:34 WIB
https img okeinfo net content 2017 09 14 320 1775889 perlu banyak likuiditas jangan khawatir perbankan ri punya banyak dana asing U8ozc8aS4v jpg Jajaran LPS. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Masifnya pembangunan infrastruktur dikhawatirkan akan menekan likuiditas perbankan. Pasalnya, perbankan gencar menyalurkan kreditnya untuk mendanai sektor infrastruktur.

Kendati demikian, Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) memandang kondisi ini tidak mengkhawatirkan, lantaran, likuiditas perbankan masih ditopang keberadaan dana asing.

Ketua Dewan Komisioner LPS Halim Alamsyah mengatakan, aliran dana asing ke Indonesia yang cukup besar, sehingga cukup handal sebagi penopang utama likuiditas bank.

"Kondisi likuiditas saat ini dan prospek hingga akhir tahun menunjukan bahwa likuiditas perbankan masih berada dalam posisi yang memadai," ujarnya di Kantor LPS, Jakarta, Kamis (14/9/2017).'

Baca Juga: Gubernur BI: Kami Tegaskan, Penggesekan Ganda di Mesin Kasir Dilarang!

Selain aliran dana asing, LPS meyakini kebijakan bank sentral yang telah melonggarkan kebijakannya terkait dengan likuiditas bank dapat mendongkrak likuiditas perbankan nasional. Sehingga, posisi likuiditas perbankan dalam zona aman.

"Saya lihat likuiditas masih aman tahun ini dan tahun depan. Arus dana asing yang masuk ke Indonesia itu cukup besar, sehingga ini telah menolong likuiditas perbankan kita. Saya kira likuiditas masih dalam posisi yang memadai," ucapnya.

Baca Juga: Marak Jual Beli Data Nasabah, Hati-Hati saat Lakukan 4 Hal Ini!

Menurut Halim, bank sentral juga tidak akan meningkatkan pengetatan likuiditas hingga tahun depan. Alasannya, Bank sentral masih memiliki angka cadangan likuiditas yang cukup.

"Likuiditas bank yang ada di BI masih besar ada sekitar Rp400 triliun lebih. Dulu itu sempat di bawah Rp200 triliun. Artinya BI tahun ini akan lepasin saja," tukas dia.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini