Image

Budi Sadikin Jabat Direktur Inalum, Menteri Rini: Beliau Bisa Benahi Sektor Pertambangan

Feby Novalius, Jurnalis · Kamis 14 September 2017, 17:05 WIB
https img z okeinfo net content 2017 09 14 320 1775979 budi sadikin jabat direktur inalum menteri rini beliau bisa benahi sektor pertambangan WXUzRuS039 jpg Foto: Feby Novalius/Okezone

JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno resmi menunjuk Staf Khususnya Budi Gunadi Sadikin sebagai Direktur Utama PT Indonesia Asahan Alumunium (Persero) atau Inalum. Posisi ini sebelumnya dijabat oleh Winardi yang sekarang menjabat sebagai Direktur SDM dan Tata Kelola Pupuk Indonesia.

Rini mengatakan, Budi Gunadi Sadikin memiliki kapasitas untuk mengembangkan Inalum. Dengan keahliannya di bidang keuangan dan pernah memimpin Bank Mandiri, pengetahuan Budi mencakup banyak sektor khususnya pertambangan.

Baca juga: Budi Gunadi Sadikin Jadi Dirut Baru Inalum, Menteri Rini: Jadikan Holding Tambang yang Besar!

"Justru mumpuni di bidang keuangan, dia menguasai banyak sektor khususnya pertambangan. Jadi beliau sudah mengerti penuh bagaimana membenahi sektor pertambangan,"ujarnya, di Gedung Mina Bahari IV KKP, Jakarta, Kamis (14/9/2017).

Rini pun menaruh harapan besar pada Budi Gunadi dalam memimpin Inalum. Di mana, kata Rini, Inalum ke depan akan menjadi induk perusahaan (holding) BUMN tambang yang di bawahnya ada PT Antam, PT Timah dan PT Bukit Asam.

"Budi Gunadi jadi Dirut Inalum yang diharapkan dalam waktu dekat bisa berkembangan dan perusahaan holding tambang,"ujarnya.

Baca juga: Jadi Dirut, Budi Gunadi Sadikin Disiapkan Bawa Inalum ke Holding Tambang!

Sebelumnya, mantan Dirut Inalum Winardi mengatakan, bahwa kerja Inalum harus dipercepat. Dia pun yakin ke depan Inalum akan berkembang oleh Budi Gunadi.

"Harapan saya segera lari, kalau berjalannya lambat berlari dengan cepat," tuturnya di Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (14/9/2017).

Setelah diberhentikan, Winardi sendiri diberikan tugas baru oleh Menteri Rini. Melalui SK-196/MBU/09/2017, Winardi pun diangkat sebagai Direktur SDM dan Tata Kelola Perusahaan Perseroan (Persero) PT Pupuk Indonesia.

Baca juga: Budi Gunadi Pimpin Inalum, Mantan Dirut: Harus Segera Lari

Winardi mengaku belum tahu apa yang akan dikerjakan Budi Gunadi ke depan. Yang pasti dia mendukung peran Budi Gunadi sebagai pimpinan Inalum mulai saat ini.

"Nanti tanya beliau itu (apa yang akan dilakukan),"tandasnya.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini