Image

Masyarakat RI Gemar Menabung, Buktinya Simpanan yang Dijamin LPS Meningkat Jadi 52%

Ulfa Arieza, Jurnalis · Kamis 14 September 2017, 17:30 WIB
https img okeinfo net content 2017 09 14 320 1776010 masyarakat ri gemar menabung buktinya simpanan yang dijamin lps meningkat jadi 52 vZrzwuqGLt jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) mengungkapkan jumlah simpanan pada seluruh bank umum dan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) yang dijamin LPS mengalami peningkatan. Saat ini, simpanan nasabah yang dijamin LPS yakni dengan nilai maksimal hingga Rp2 miliar.

Kepala Eksekutif LPS Fauzi Ichsan mengatakan, jumlah simpanan yang dijamin LPS, dari seluruh bank benchmark LPS totalnya lebih dari 52%. Porsi ini naik dari total sebelumnya yang masih di bawah 50%.

"Kita bisa sampaikan bahwa untuk pertama kalinya jumlah simpanan yang dijamin yang biasanya di bawah 50%, sekarang sudah di atas 52%. Ini adalah sesuatu yang menggembirakan biasanya jumlah nominal yang dijamin di bawah 50%," katanya di Kantor LPS, Kamis (14/9/2017).

Baca Juga: 

Fauzi menjelaskan, peningkatan ini sejalan dengan peningkatan jumlah rekening simpanan nasabah di bank. Pertumbuhan ini didorong oleh kebiasaan baru masyarakat yang mulai gemar menabung.

"Salah satunya karena masyarakat gemar menabung dan karena pertumbuhan ekonomi juga. Dengan adanya bantuan dari pemerintah, itu juga membantu," kata dia.

Baca Juga:  

Menururt Fauzi, jumlah simpanan, memang selalu mengalami peningkatan. Besarannya sendiri dipengaruhi oleh angka pertumbuhan ekonomi dan inflasi.

Sekadar informasi, LPS menurunkan tingkat bunga penjaminan untuk simpanan dalam rupiah di bank umum menjadi 6% dari periode sebelumnya 6,25% sedangkan untuk valas tetap sebesar 0,75%. Sedangkan untuk tingkat bunga penjaminan untuk simpanan dalam rupiah di Bank Perkreditan Rakyat menjadi 8,5% dari periode sebelumnya 8,75%.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini