Image

Jokowi Pamerkan Bandara Kertajati: Bisa Tampung Pesawat Airbus A380 hingga Layani Haji

Kurniasih Miftakhul Jannah, Jurnalis · Kamis 14 September 2017, 17:37 WIB
https img okeinfo net content 2017 09 14 320 1776013 jokowi pamerkan bandara kertajati bisa tampung pesawat airbus a380 hingga layani haji oUEokQfLLi jpg Foto: Facebook Presiden Jokowi

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) membagikan perkembangan Bandara Kertajati Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Dalam akun Facebook-nya, Jokowi menjelaskan Bandara Kertajati bisa menampung pesawat jenis Airbus 380.

“Apabila nanti ada maskapai penerbangan yang hendak menerbangkan penumpangnya dengan pesawat Airbus A380 ke Indonesia, di mana mendaratnya? Ya di Bandar Udara Kertajati di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat,” tulis Jokowi, Kamis (14/9/2017).

Baca Juga: Beroperasi Tahun Depan, Menhub : Tak Ada Masalah Pembebasan Lahan Bandara Kertajati

Jokowi menjelaskan, bandara ini, nantinya akan memiliki landas pacu 3.000 x 60 meter yang bisa didarati pesawat penumpang terbesar di dunia yang bisa membawa 850 penumpang itu. Tahun 2017 ini, landas pacu bandara telah selesai 2.500 meter.

“Tapi saya minta untuk diperpanjang lagi. Saya sudah berkunjung ke sana dua kali,” ungkapnya.

Baca juga: Bandara Kertajati, Bukti Sayang Presiden Jokowi ke Masyarakat Jawa Barat

Bandara Kertajati yang berada 200 kilometer dari Bandara Soekarno-Hatta ini diyakini bisa mengurai kepadatan di Bandara Soetta. Untuk itu, jika telah beroperasi tahun 2018, penduduk di timur Jakarta tidak perlu menerobos kemacetan ibukota bila ingin ke bandara.

“Tidak perlu berdesakan di Bandara Soekarno Hatta saat musim liburan,” ucap dia.

Baca juga: Operasikan Bandara Kertajati, AP II Teken MoU dengan Pemprov Jabar

Selain itu, Bandara Kertajati dapat menjadi embarkasi haji Jawa Barat, dan bisa mengurangi kepadatan jamaah umrah di Bandara Soekarno-Hatta. Kementerian Haji dan Umrah Kerajaan Arab Saudi mencatat, ada 875.958 warga negara Indonesia yang melakukan umrah tahun ini, naik sampai 24% dari tahun lalu.

Untuk menghadapi lonjakan penumpang dalam dan luar negeri itulah, luas terminal Kertajati didesain 96.000 meter persegi sehingga sanggup menampung sampai 10 juta orang setiap tahun. Pada tahap awal, Bandara Kertajati akan melayani 14 rute: 10 rute domestik dan 4 rute internasional ke negara-negara Arab Saudi, Singapura, Malaysia, dan Thailand.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini