Image

Sebelum Menabung untuk Biaya Pernikahan, Rancang Anggarannya Dulu!

Agregasi Minggu 17 September 2017, 23:17 WIB
https img z okeinfo net content 2017 09 15 320 1776736 sebelum menabung untuk biaya pernikahan rancang anggarannya dulu 2QyULwfuq9 jpg Ilustrasi (Foto: Reuters)

JAKARTA - Bagi yang akan melangsungkan pernikahan, tentu saja Anda harus mempersiapkan rencana yang matang agar momen tersebut sempurna dan indah. Tentunya, semua orang akan melakukan hal ini karena momen pernikahan yang hanya terjadi sekali seumur hidup. Dalam menyiapkan rencana pernikahan yang baik, tentu saja Anda akan membutuhkan modal untuk membuat impian pernikahan seperti yang diinginkan.

Menyiapkan dana pernikahan tentunya sangat relatif karena kebutuhan pernikahan antara satu pasangan dengan yang lainnya berbeda-beda, tergantung dari konsep pernikahan serta proses yang akan dijalankan. Namun, kebanyakan orang membutuhkan biaya yang besar untuk melangsungkan sebuah pernikahan. Berikut ini tips yang bisa dilakukan untuk dapat menabung biaya pernikahan hingga puluhan juta rupiah.

1. Merancang Anggaran Biaya Pernikahan

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah merancang terlebih dahulu anggaran biaya pernikahan. Anggaran pernikahan ini nantinya bisa menjadi goal dari penyisihan pendapatan Anda dan pasangan. Untuk menyusun anggaran ini, Anda harus memutuskan bersama dengan pasangan. Perhitungkan dengan cermat presentase besarnya gaji yang akan disisihkan. Jangan sampai Anda salah perhitungan, sehingga menyebabkan kebutuhan lainnya tidak dapat terpenuhi.

2. Mengatur Jumlah Tabungan

Jika kesulitan untuk menentukan anggaran terlebih dahulu, Anda bisa mengatur jumlah tabungan yang Anda dan pasangan lakukan setiap bulannya. Jumlah tabungan yang ideal adalah 30% dari total pemasukan yang diterima. Tentunya, hal ini harus dilakukan bersama dengan pasangan. Misalnya saja, jika pemasukan dalam satu bulannya adalah Rp3 juta, dalam satu bulannya Anda harus menyisihkan sekitar Rp900 untuk ditabung.

Sehingga, dalam satu bulan, Anda dan pasangan bisa mengumpulkan sekitar Rp1.8 juta rupiah. Jika ini diteruskan dalam waktu setahun, Anda bisa mengumpulkan sekitar Rp21.6 juta.

3. Lunasi Semua Utang

Pastikan terlebih dahulu, jika baik Anda maupunpasangan sama sama sedang tak memiliki hutang. Jika ternyata masih ada utang yang belum lunas, pastikan untuk membayar semua utang tersebut. Jangan menunda-nunda melakukan hal ini, tentunya Anda tak ingin apabila utang tersebut mengganggu keuangan rumah tangga nantinya. Sehingga, sebisa mungkin melunasi utang-utang. Namun, jika dirasa sulit, Anda bisa menyicilnya sedikit demi sedikit. Dan yang terpenting bisa lunas sebelum menikah nantinya.

4. Membuka Rekening Bersama

Menabung biaya pernikahan akan lebih mudah ketika Anda dan pasangan membuka rekening bersama. Cara ini akan sangat efektif untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Misalnya saja, dengan menggunakan tabungan berjangka akan lebih memudahkan tujuan Anda untuk dapat mengumpulkan biaya pernikahan. Hal ini dikarenakan rekening tersebut memang diperuntukan untuk biaya pernikahan dan tidak dicampurkan dengan hal-hal lainnya.

5. Perhatikan Pengeluaran

Ketika Anda memutuskan untuk menabung biaya pernikahan hingga puluhan juta rupiah, tentunya Anda harus memperhatikan pengeluaran bersama pasangan. Jangan mengeluarkan uang untuk sesuatu yang tidak terlalu penting. Hindari hal-hal yang bersifat konsumtif dan hanya menghabiskan uang saja. Cobalah untuk menerapkan gaya hidup hemat, baik Anda ataupun pasangan.

6. Mulai Investasi

Meski Anda dan pasangan baru merencanakan pernikahan, namun tidak ada salahnya jika Anda dan pasangan memulai untuk berinvestasi. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk menyimpan dana pernikahan yang dimiliki, bahkan bisa memperbanyak tabungan pernikahan. Namun, karena hal ini merupakan momen yang cukup penting, jangan melakukan investasi yang memiliki risiko cukup tinggi, apalagi jika momen pernikahan Anda dilaksanakan dalam waktu yang dekat. Cobalah untuk melakukan investasi pada hal-hal yang tepat sehingga tujuan tersebut bisa tercapai.

Terbuka Satu Sama Lainnya

Ketika Anda dan pasangan memutuskan untuk mulai menabung biaya pernikahan, akan lebih baik untuk saling terbuka satu sama lainnya. Mengenai kondisi keuangan masing-masing adalah hal penting. Kesampingkan rasa malu dan gengsi di dalam diri Anda dan pasangan, sehingga nantinya Anda berdua bisa memperhitungkan dengan tepat biaya pernikahan yang akan ditanggung bersama.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini