Image

Canggih! Skytrain Akan Beroperasi Tanpa Awak Dalam 6 Bulan ke Depan

Ulfa Arieza, Jurnalis · Minggu 17 September 2017, 14:36 WIB
https img okeinfo net content 2017 09 17 320 1777630 canggih skytrain akan beroperasi tanpa awak dalam 6 bulan ke depan MrW6DOjntA jpg Foto: Okezone

TANGERANG - Skytrain Bandara Internasional Soekarno-Hatta mulai beroperasi pada hari ini. Peresmian skytrain bertepatan dengan Hari Perhubungan Nasional, serta diresmikan secara langsung oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri BUMN Rini M. Soemarno.

Kereta yang akan melayani perpindahan penumpang pesawat atau pengunjung ini, siap melayani mobilisasi penumpang selama 24 jam.

Baca Juga: Usai Soekarno-Hatta, Skytrain Bakal Hadir di Bandara Ngurah Rai
Baca Juga: Skytrain Dioperasikan, Menhub: Saya Minta Dibuatkan SOP
Baca Juga: Skytrain Bandara Soetta Resmi Beroperasi, Menhub: Rasanya Menyenangkan
Baca Juga: Usai Soekarno-Hatta, Skytrain Bakal Hadir di Bandara Ngurah Rai 

Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin mengatakan dalam tahap awal operasional, Skytrain akan tetap melibatkan pengemudi. Setelah kurang lebih 6 bulan, Skytrain akan dapat beroperasi secara otomatis.

" Skytrain akan tetap melibatkan pengemudi, hingga sekitar 6 bulan ke depan sebagai bagian dari familiarisasi dan sosialisasi kepada publik, dan setelah itu Skytrain akan beroperasi tanpa awak," kata dia sebagaimana dikutip dari keterangan tertulis, Minggu (17/9/2017).

Baca Juga: Skytrain Dioperasikan, Menhub: Saya Minta Dibuatkan SOP

Dalam tahap awal ini, lanjut Awaluddin, Skytrain baru melayani perpindahan penumpang pesawat atau pengunjung bandara dari Terminal 3 ke Terminal 2.

Sementara itu pada tahap selanjutnya Skytrain akan menghubungkan Terminal 3, Terminal 2, stasiun kereta bandara, dan Terminal 1 dengan total lintasan dual track mencapai 3.050 m atau sekitar 3 km.

Adapun jadwal operasional skytrain dibagi dalam tiga waktu. Pertama skytrain siap melayani penumpang pada pukul 07.00 – 09.00 WIB, lalu berlanjut pada pukul 12.00 – 14.00 WIB, serta 17.00 – 19.00 WIB.

" Saat beroperasi penuh, headway Skytrain ditetapkan setiap 5 menit dengan total waktu tempuh 7 menit," kata dia.

Baca Juga: Skytrain Bandara Soetta Resmi Beroperasi, Menhub: Rasanya Menyenangkan

Sementara itu, Direktur Operasi PT Angkasa Pura II (Persero) Djoko Murdjatmojo menjelaskan, Skytrain Bandara Internasional Soekarno-Hatta ditempatkan di sisi darat atau landside seperti bandara di San Fransisco, serta tidak di sisi udara atau airside seperti di Bandara Changi, Singapura. Hal ini karena Bandara Internasional Soekarno-Hatta memiliki sistem multi terminal di mana masing-masing terminal beroperasi secara individu sehingga penumpang transit antar terminal berpindah melalui landside.

" Dari analisis menunjukkan bahwa pergerakan penumpang dan pengguna jasa seluruhnya melalui landside sehingga penempatan Skytrain sudah sesuai kebutuhan di lapangan,” jelasnya. (ulf)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini