Image

TIPS KARIER: Tidak Bisa "Enjoy" Jalani Pekerjaan, Jangan Curhat di Sosmed!

Ulfa Arieza, Jurnalis · Minggu 17 September 2017, 22:09 WIB
https img k okeinfo net content 2017 09 17 320 1777749 tips karier tidak bisa enjoy jalani pekerjaan jangan curhat di sosmed mqtLABpkmV jpg Ilustrasi: (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Pada titik tertentu seorang karyawan akan merasa jenuh, dan membenci pekerjaan mereka. Kondisi ini tentunya tidak baik untuk beberapa alasan. Pertama, meskipun Anda membenci pekerjaan, Anda harus bertemu dengan pekerjaan Anda setiap hari. Kedua, Anda pasti tergoda untuk bercerita dan berkeluh kesah dengan orang lain, bisa juga melalui sosial media, dan hal ini tentunya hanya akan memperburuk suasana.

Namun bukan berarti Anda harus terjebak dengan kondisi ini selamanya. Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan ketika pekerjaan Anda saat ini betul-betul tidak menyenangkan. Melansir The Balance, dengan melakukan hal ini, dijamin Anda akan kembali mendapatkan kebahagiaan dalam bekerja.

Simpan perasaan Anda

Bahkan jika Anda membenci pekerjaan Anda, simpanlah untuk diri sendiri, teman-teman, atau keluarga. Jangan katakan kebencian Anda kepada dunia melalui dunia sosial. Pasalnya, keluhan Anda dapat memancing reaksi berbeda dari berbagai pihak.

Baca Juga: TIPS KARIER: Mendadak Dipecat? Ini yang Harus Anda Lakukan

Cukup Anda yang Tahu

Berada dalam situasi membenci pekerjaan bisa terjadi pada setiap orang. Bisa saja pekerjaan saat ini bukanlah pekerjaan yang Anda inginkan. Namun, bisa saja permasalahan muncul dari manajer Anda, sedangkan pekerjaan Anda dalam kondisi baik. Jika Anda telah mencapai titik di mana Anda benar - benar membenci pekerjaan, setidaknya Anda harus mengetahui penyebabnya. Tidak perlu mengumbar kebencian Anda kepada semua orang karena hal ini tidak akan memberikan solusi.

Jangan langsung berhenti

Meskipun telah mencapai puncak kejenuhan, Anda tidak boleh keluar dari pekerjaan Anda begitu saja. Mulailah mencari solusi dengan hal - hal yang menghibur, seperti mengambil liburan atau mencari sesuatu yang baru dalam pekerjaan Anda. Anda juga dapat mengajukan rotasi divisi di perusahaan. Dengan demikian, Anda dapat membuat suasana berbeda dalam pekerjaan Anda dan menghilangkan kejenuhan.

Baca Juga: TIPS KARIER: 8 Cara Percantik CV Anda, dari Punya Kata Kunci hingga Hindari Typo

Bersiap-siap untuk mencari pekerjaan

Setelah Anda mencoba untuk mencari solusi awal, namun tidak kunjung menghilangkan kebencian Anda, maka Anda bisa mulai mencari pekerjaan baru. Mencari pekerjaan selagi Anda memiliki posisi dalam kantor jauh lebih baik dibandingkan posisi Anda sebagai pengangguran. Sebaiknya, luangkan waktu untuk membuat atau memperbarui profil LinkedIn Anda.

Memulai berburu pekerjaan

Apabila Anda benar-benar akan mencari pekerjaan baru, maka lakukanlah dengan diam-diam. Sebaiknya Anda tidak menyiarkan fakta bahwa Anda membenci pekerjaan, serta dalam masa pencarian pekerjaan baru. Anda tidak perlu memberi tahu manajer Anda sampai Anda resmi dipanggil oleh perusahaan baru. Dalam mencari pekerjaan, Anda dapat menghemat waktu sembari bekerja melalui situs pencari pekerjaan.

Baca Juga: TIPS KARIER: Benci Pekerjaan Anda? Lakukan 7 Hal Ini

Jangan ungkap kejelekan perusahaan

Ketika datang waktu untuk mengundurkan diri, Anda pasti sangat bersuka cita. Namun, seberapa pun Anda dikecewakan oleh perusahaan lama, cobalah untuk menahan emosi. Perlu digarisbawahi, Anda tidak perlu mengungkap kejelekan perusahaan terdahulu di depan manajer baru Anda. Pasalnya bisa saja perusahaan Anda sekarang memiliki kerjasama dengan perusahaan lama.

Mengundurkan diri dengan baik

Ketika tiba waktu mengajukan pengunduran diri, maka lakukanlah dengan etika. Berikan pemberitahuan dua minggu sebelumnya. Dalam masa transisi, Anda juga dapat menawarkan diri untuk memberikan bantuan kepada perusahaan lama, sembari menunggu waktu kerja efektif.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini