Image

TIPS KARIER: Ketahuan Cari Lowongan Kerja di Kantor, Jelaskan Alasan Anda ke Bos!

Ulfa Arieza, Jurnalis · Minggu 17 September 2017, 23:09 WIB
https img okeinfo net content 2017 09 17 320 1777751 tips karier ketahuan cari lowongan kerja di kantor jelaskan alasan anda ke bos lHVR0r1njl jpg Ilustrasi: (Foto: Reuters)

JAKARTA - Tidak menutup kemungkinan, seorang karyawan mencari pekerjaan di tempat lain ketika dia bekerja di sebuah perusahaan. Ada berbagai penyebab dibalik kondisi ini, baik dari kesejahteraan yang kurang, visi dan misi yang bertentangan, hal pribadi, dan lainnya.

Namun, apa yang harus Anda lakukan ketika Anda tertangkap basah sedang mencari pekerjaan di perusahaan lain oleh bos Anda?

Melansir The Balance, Dalam situasi ini, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah berkata dengan jujur. Jangan menutupi fakta yang ada. Bahkan Anda harus menjelaskan kepada atasan Anda alasan Anda mencari pekerjaan lain.

Baca Juga: TIPS KARIER: Benci Pekerjaan Anda? Lakukan 7 Hal Ini

Anda juga dapat menjelaskan bahwa Anda tidak hanya memikirkan karier dalam jangka pendek, namun juga memiliki tujuan karier jangka panjang. Apabila kesempatan wawancara dalam perusahaan baru dapat mendukung tujuan tersebut, Anda juga harus menjelaskannya kepada manajer Anda saat ini. Dengan pemilihan kata yang tepat manajer Anda pasti dapat memakluminya.

Lalu apa yang harus Anda lakukan jika Anda benar - benar sudah membenci pekerjaan Anda sekarang?

Baca Juga: TIPS KARIER: 8 Cara Percantik CV Anda, dari Punya Kata Kunci hingga Hindari Typo

Seburuk apapun kondisinya, Anda harus mencoba untuk mengurai pokok permasalahan. Meskipun Anda sangat ingin segera meninggalkan kantor, namun sebaiknya selesaikan dulu permasalahan yang muncul

Setidaknya, Anda harus mengusahakan bahwa Anda keluar dengan baik dari kantor Anda sekarang. Bahkan, sebuah prestasi jika Anda mendapatkan dukungan dari perusahaan Anda sekarang untuk melanjutkan karier yang lebih baik di perusahaan baru.

Baca Juga: TIPS KARIER: Mendadak Dipecat? Ini yang Harus Anda Lakukan

Satu hal yang perlu diingat adalah, berkata jujur kepada atasan Anda, meskipun itu pahit. Apa pun keadaannya, ungkapkan kebenaran. Ingatlah, kebohongan selalu menemukan cara untuk kembali menghantui Anda.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini