Share

Sudah Kena Administrasi Bulanan, Perlukah Ada Biaya Top Up Uang Elektronik?

Trio Hamdani, Okezone · Senin 18 September 2017 13:11 WIB
https: img.okezone.com content 2017 09 18 320 1778084 sudah-kena-administrasi-bulanan-perlukah-ada-biaya-top-up-uang-elektronik-GlrCZNqxNn.jpg Ilustrasi Gerbang Tol. (Foto: ANT)

JAKARTA - Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) menyayangkan langkah Bank Indonesia (BI) yang mengimplementasikan kebijakan pemungutan biaya transaksi isi ulang (top up) kartu uang elektronik.

Kepala Bidang Pengaduan YLKI Sularsi mengatakan, pengguna e-money dalam hal ini berstatus sebagai nasabah bank juga telah dibebankan biaya administrasi bulanan, yang mana tiap bulan nasabah bank dikenakan pemotongan uang.

"Ongkos produksi sudah dibebankan konsumen ketika akan menjadi nasabah, yaitu kita mendapatkan beban biaya perbulan, beban biaya administrasi Rp10.000-Rp15.000 per bulan," katanya ketika dihubungi Okezone di Jakarta, Senin (18/9/2017).

Baca Juga: Top Up Kena Biaya, YLKI: Isi Ulang Itu Berkali-kali!

Pihaknya juga menilai bahwa bila selama ini top up e-money tidak dikenakan biaya memang itu suatu hal yang harus dilakukan perbankan sebagai wujud pelayanan mereka kepada nasabahnya. "Selama ini kan untuk top up ke bank itu kan tidak kena biaya. Ini adalah merupakan suatu pelayanan yang diberikan oleh bank," lanjutnya.

Baca Juga: Aturan Isi Ulang Uang Elektronik Kena Biaya, Konsumen Dibebankan

Dia menambahkan, pihaknya menyarankan jika pun bank ingin mendapatkan keuntungan lewat top up e-money, sebaiknya hal itu dibebankan kepada merchant yang bekerja sama dengan bank yang dimaksud.

"Untuk kenakan biaya atau tidak ini kan harus dihitung dulu bahwa kalau misalnya ini untuk transportasi ini kan ada merchant yang melakukan suatu top up di tempat lain. Merchant ini kan melakukan suatu kerjasama dengan bank. Nah yang harus diperhatungkan antara bank dengan merchantnya," tandasnya.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini