nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Investasi Uang Elektronik Besar, Bos BCA: Tiap Tahun Rugi

Kurniasih Miftakhul Jannah, Jurnalis · Senin 18 September 2017 16:07 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 09 18 320 1778227 investasi-uang-elektronik-besar-bos-bca-tiap-tahun-rugi-o38UFrhSFl.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA – Isi ulang uang elektronik tengah menjadi polemik di kalangan masyarakat. Banyak pihak menilai pengenaan biaya isi ulang ini membebankan masyarakat. Apalagi, Oktober mendatang pemerintah mewajibkan masyarakat membayar tol secara nontunai.

Bukan tidak mungkin kebijakan tersebut membuat jumlah uang elektronik yang beredar di Indonesia semakin banyak. Di balik pro dan kontra pengenaan biaya isi ulang uang elektronik, ternyata perbankan memiliki kesulitan tersendiri dalam membangun bisnis ini. Salah satunya, investasi dan biaya operasional yang besar.

Baca Juga: Isi Ulang Uang Elektronik Kena Biaya, YLKI: Sungguh Tidak Adil!

Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja merincikan, dalam membangun bisnis uang elektronik, butuh dana yang tidak sedikit. Tercatat, BCA memiliki produk uang elektronik bernama kartu Flazz yang saat ini jumlahnya mencapai 12 juta kartu.

“Investasi sekitar Rp133 miliar dan pengeluaran operasional sekitar sudah Rp330 miliar dalam 10 tahun terakhir,” kata Jahja kepada Okezone.

Baca Juga: Isi Ulang E-money Kena Biaya, Berapa Besarannya?

Jahja merinci, dana operasional yang besar harus digunakan untuk menjaga mesin EDC maupun perangkat lunak yang mendukung pengoperasionalan. “Ya kan mesin EDS harus di maintenance juga, software-nya mesti di up grade ada biaya inject programe juga di gate-gate, atau EDC,” ujar dia.

Baca Juga: Catat! BI Segera Rilis Aturan Biaya Isi Ulang E-Money

Besarnya anggaran operasional uang elektronik ini menjadi beban tersendiri bagi perbankan. Jahja pun tak menampik bahwa setiap tahun BCA mengalami kerugian dari bisnis uang plastik tersebut.

“Sekarang setiap tahun rugi,” singkat dia.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini