Share

KRL Cikarang-Jakarta Batal Beroperasi, Kemenhub: Ada Stasiun yang Belum Siap

ant, Jurnalis · Senin 18 September 2017 21:05 WIB
https: img.okezone.com content 2017 09 18 320 1778441 krl-cikarang-jakarta-batal-beroperasi-kemenhub-ada-stasiun-yang-belum-siap-xPbvtlnrii.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

CIKARANG - Direktorat Jenderal (Ditjen) Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyatakan kereta api listrik reguler (KLR) tujuan Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat yang semula dijadwalkan beroperasi pada Minggu, 17 September 2017 belum dapat terealisasi.

"Hal itu lantaran ada dua stasiun belum siap beroperasi dan akan terealisasi pada Oktober 2017," kata Dirjen Perkeretaapian Kemenhub, Joice Hutajulu di Kabupaten Bekasi, Senin (18/9/2017).

Menurut dia berdasarkan hasil uji coba yang dilakukan menyatakan dua stasiun belum siap untuk beroperasi secara maksimal. Hal ini menyangkut fasilitas-fasilitas umum dan beberapa permasalahan perlintasan kereta api.

Selain itu, tentunya juga harus mengacu kepada keselamatan serta pelayanan penumpang dari Stasiun Cikarang menuju Jakarta dan sekitarnya.

Pasalnya melewati dia dua stasiun tersebut bila hendak bepergian menuju Jakarta atau sekitarnya. Namun secara garis besarnya memang dirasa sudah layak bila mengacu pada sistem kontrol keretanya. Tetapi bukan secara keseluruhannya.

Ia menambahkan ini uji coba dan peninjauan sendiri telah dilakukan Ditjen Perkeretaapian Kemenhub pada 14 September 2017. Pasalnya, uji coba dan Peninjauan itu dilakukan dengan melintasi Stasiun Bekasi Timur, Tambun, Cibitung dan Cikarang. Tetapi ini harus melalui tahapan-tahapan, sehingga harus sesuai regulasinya.

Selain itu nantinya ada evaluasi guna mengetahui masalah-masalah yang bakal muncul pada setiap tahunnya. Ini tentunya berdasarkan analisa dari laporan yang ada.

Lanjut Joice menjelaskan dalam hal ini meminta masyarakat Kabupaten Bekasi untuk lebih bersabar diri. Ini dilakukan agar pengerjaan KLR dapat lebih baik.

Selain itu, dengan hadirnya transportasi baru ini berharap daerah dengan tingkat kemacetan dapat lebih terurai.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini