Share

Top Up E-Money Tidak Kena Pungutan? Ini Kata Dirut BNI

Trio Hamdani, Okezone · Rabu 20 September 2017 15:07 WIB
https: img.okezone.com content 2017 09 20 320 1779662 top-up-e-money-tidak-kena-pungutan-ini-kata-dirut-bni-WVZVzmtAN5.jpg Foto: Trio/Okezone

JAKARTA - Bank Indonesia (BI) berencana untuk memungut biaya isi ulang (top up) kartu uang elektronik (e-money). Namun pada dasarnya, jika pengguna e-money melakukan top up di multi channel bank tetap dikenakan biaya.

Jika pengguna uang elektronik tidak ingin dipungut biaya tambahan ketika mengisi ulang saldonya, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk mengimbau agar pemilik kartu e-money sebisa mungkin melakukan top up di channel-channel pengisian yang sama dengan bank penerbit e-money itu.

Baca Juga: Perbanas Pertanyakan Wacana Pemungutan Biaya Isi Ulang Uang Elektronik

"Tentunya kita mengimbau kepada nasabah yang ingin melakukan top up sebaik mungkin, sebanyak mungkin top up dilakukan di outlet-outlet kita seperti ATM kita kemudian pakai mobile payment," kata Direktur Utama BNI Achmad Baiquni ditemui di JCC Senayan, Jakarta, Rabu (20/9/2017).

Jika top up dilakukan di poin-poin pengisian yang memang disediakan oleh bank penerbit kartu uang elektronik tersebut maka pemilik tidak akan dikenakan biaya tambahan yang diharuskan oleh pihak ketiga (merchant) jika mengisi di multi channel.

Baca Juga: Bank BUMN Kompak Tolak Aturan Biaya Isi Ulang Uang Elektronik

Yang disampaikan olehnya juga berkaitan dengan rencana BI yang akan menetapkan aturan biaya tambahan top up e-money. Dia menjelaskan, apabila nanti kebijakan itu diterapkan maka pemilik kartu e-money sebisa mungkin top up di channel bank penerbit.

"Sehingga kalau memang itu harus nol (gratis) kita sudah enggak ada masalah. Tapi kalau menggunakan merchant, pihak ketiga mau tidak mau kan ada biayanya," lanjutnya.

Dia menambahkan, pihaknya juga tengah melakukan negosiasi dengan merchant yang bekerjasama sama dengan BNI agar merchant menurunkan biaya tambahan bagi nasabah e-money yang melakukan top up di merchant.

"Nah ini yang kita lakukan kita lagi negosiasi dengan pihak ke tiga apakah bisa itu diturunkan (biaya top up e-money)," tandasnya.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini