nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jokowi: Tempat Fitnes Tetap Ramai, Banyak Anak Muda Ingin Punya Badan Keren

Dedy Afrianto, Jurnalis · Rabu 20 September 2017 18:40 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 09 20 320 1779868 jokowi-tempat-fitnes-tetap-ramai-banyak-anak-muda-ingin-punya-badan-keren-lbTAEyUL0P.jpg (Foto: Setkab)

JAKARTA - Indonesia kini telah memasuki era ekonomi digital. Bisnis yang dijalankan oleh para pengusaha pun telah mulai beralih dari model bisnis offline menuju bisnis berbasis online.

Menurut Presiden Joko Widodo (Jokowi) pesatnya perkembangan bisnis digital ini dapat memberikan manfaat bagi positif bagi Indonesia. Namun, hal ini juga dapat menjadi ancaman jika tidak dimanfaatkan secara optimal.

Hanya saja, di tengah maraknya bisnis digital, sektor bisnis lainnya saat ini tetap tumbuh pesat. Salah satunya adalah bisnis kafe dan restoran yang menjadi lokasi tujuan favorit anak muda.

"Muncul pertumbuhan yang tinggi di segmen lain pada sisi produksi. Kafe dan restoran semakin semarak, tempat para anak-anak muda milenial nongkrong, tempat orang foto bersama ramai-ramai," kata Jokowi di Jakarta Convention Center, Jakarta, Rabu (20/9/2017).

Baca Juga: Bisnis Online Tak Terbendung, Jokowi Minta Rini hingga Darmin Edukasi Pengusaha Warteg

Tak hanya kafe, tempat fitnes juga turut berkembang saat ini. Potensi ini dinilai dapat terus dikembangkan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia.

"Tempat fitnes juga semakin semarak karena anak muda kita senang punya badan yang keren, enggak kurus kayak saya," ujar Jokowi yang disambut gelak tawa tamu undangan.

Baca Juga: Cerita Jokowi soal Dahsyatnya Dampak Perubahan Bisnis Offline ke Online: Pengusaha Harus Hati-Hati

Selain itu, sektor pariwisata juga turut berkembang pesat saat ini. Sektor ini mampu tumbuh di atas pertumbuhan ekonomi nasional yang hanya menyentuh angka 5%.

"Orang cari pengalaman seru, cari tempat wisata yang khas dan asik, biar bisa pasang foto-foto dan video dari tempat yang kita datangi," ujarnya.

Baca Juga: Jadi Trending di Dunia Maya, Jokowi Kenang Foto Saat Dipandang Raisa di Depan Pengusaha

Jokowi menekankan, pemerintah tetap akan memperhatikan hal ini sebagai salah satu sumber pertumbuhan ekonomi Indonesia. Penyederhanaan aturan juga perlu dilakukan untuk mendorong inovasi anak bangsa.

Tak hanya itu, perusahaan startup juga tetap menjadi perhatian dari pemerintah. Pesatnya bisnis startup diyakini dapat berjalan searah dengan bisnis pada sektor pariwisata hingga restoran.

"Sekali lagi, berikan ruang yang sebesar-besarnya untuk startup berkembang. Ini juga alasan kenapa pentingnya deregulasi. Mengurangi tumpang tindih aturan dan persyaratan yang menghambat cara baru, pola baru, inovasi baru," ungkap Mantan Wali Kota Solo ini.

Deregulasi juga akan terus dilakukan oleh pemerintah. Upaya ini diharapkan mampu mendorong perkembangan dunia usaha dan memberi dampak bagi perekonomian nasional.

"Ini tugas kita, tugas saya untuk memotong agar izin semakin sedikit, sehingga dunia usaha semakin lincah, fleksibel untuk keluarkan inovasi baru," tukasnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini