Image

Peringatan! Federasi Pekerja Transportasi Internasional Minta Pekerja Dihargai

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Rabu 20 September 2017, 21:23 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 09 20 320 1780002 peringatan-federasi-pekerja-transportasi-internasional-minta-pekerja-dihargai-MGvDFZW2Hg.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - International Transport Workers Federation atau Federasi Pekerja Transportasi Internasional meminta agar semua pekerja dihargai oleh perusahaan. Sebab, pihaknya menyoroti soal adanya demo pekerja Jakarta International Container Terminal (JICT) belum lama ini.

Presiden International Transport Workers Federation Paddy Crumlin mengeluarkan imbauan kepada terkait serangan Hutchison terhadap pekerja di pelabuhan Jakarta. Para pekerja pelabuhan Indonesia ini turun ke jalan untuk menyadarkan publik bahwa para pekerja JICT layak dihargai.

“Para pekerja telah membangun terminal Hutchison, JICT menjadi salah satu terminal berkinerja prima di Asia. Mereka secara berkelanjutan meningkatkan produktivitas untuk menjaga pertumbuhan perusahaan dan ekonomi Indonesia," kata Crumlin dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Rabu (20/9/2017).

Namun, manajemen JICT malah berupaya menghancurkan para pekerja tersebut. Hak mereka dipotong 15%-42% dalam 3 bulan terakhir dan mereka terancam PHK karena menyuarakan perpanjangan kontrak jilid II Hutchison di JICT yang melanggar aturan dan merugikan keuangan negara.

Sebagai konsekuensi karena Hutchison menolak niat baik bernegosiasi, afiliasi ITF, Pekerja JICT berupaya untuk menaikan level kampanye. Hari ini, di Jakarta, para pekerja melakukan kampanye dari pelabuhan sampai ke ritel kesehatan dan kecantikan dari Hutchison, Watsons.

Para pekerja mengunjungi gerai Watsons Hutchison di Jakarta untuk mengirimkan pesan terkait komitmen ritel tersebut yakni lingkungan yang sehat dan mendukung bagi pekerja dan menyediakan suasana kerja yang bebas dari segala bentuk diskriminasi. Pesan ini juga ditujukan kepada seluruh pekerja di jaringan bisnis Hutchison.

"Bagi publik Indonesia yang memiliki keyakinan terhadap komitmen Watsons sudah semestinya ritel tersebut membantu memperbaiki situasi JICT dan menyatakan kepada Hutchison untuk lebih menghargai pekerja," ujar Crumlin.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini