nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pameran Di JCC, Begini Penampakan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Dedy Afrianto, Jurnalis · Kamis 21 September 2017 13:52 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 09 21 320 1780289 pameran-di-jcc-begini-penampakan-kereta-cepat-jakarta-bandung-VQY7SALH6J.jpg Maket Kereta Cepat Indonesia China (Foto: Dedy Afrianto/Okezone)

JAKARTA - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) turut hadir dalam acara Indonesia Business and Development Expo (IBD Expo) yang diadakan di Jakarta Convention Center. Sama seperti tahun lalu, perusahaan konsorsium kereta cepat Jakarta-Bandung ini kembali memperkenalkan kereta cepat pertama di Indonesia kepada masyarakat umum.

KCIC turut menghadirkan maket kereta cepat Jakarta-Bandung. Maket ini terdiri dari 3 gerbong kereta.

 

Pada stan KCIC, terdapat sales promotion girl (SPG) yang akan menjelaskan seluk beluk kereta cepat kepada para pengunjung. Salah satu SPG, Okira mengatakan, maket kereta cepat yang dipajang dalam pameran ini tidak persis seperti yang nantinya beroperasi di Indonesia.

"Kalau ini 3 gerbong karena hanya pameran. Nanti aslinya ada 8 gerbong," kata Okira kepada Okezone, Jakarta, Kamis (21/9/2017).

 

Setiap gerbong nantinya dapat menampung hingga 80 orang. Artinya, jika terdapat 8 gerbong, maka kereta cepat Jakarta-Bandung bisa mengangkut hingga lebih dari 600 orang untuk sekali perjalanan.

"Berarti 80 dikaitkan 8 bisa 640 penumpang," ujarnya.

 

Kereta cepat ini juga memiliki kursi utuk penumpang Very Important Person (VIP). Tak hanya itu, dalam maket yang ditampilkan, juga terdapat gerbong dengan pola kursi penumpang 2-3. Pola tempat duduk ini sama dengan kereta ekonomi yang biasa beroperasi di Pulau Jawa.

Harga tiket kereta cepat Jakarta-Bandung ini nantinya berkisar antara Rp200.000 hingga Rp225.000 untuk sekali perjalanan. Hingga saat ini, proyek kereta cepat pertama di Indonesia ini masih dalam tahap pengembangan.

Stan ini pun terlihat ramai dikunjungi oleh para pengunjung dibandingkan stan lainnya. Selain maket kereta cepat, juga tersedia layanan informasi lengkap hingga maket jalur kereta cepat Jakarta-Bandung.

Sebagai informasi, proyek kereta cepat Jakarta-Bandung ini dibangun oleh perusahaan konsorsium Indonesia dan China. Perusahaan konsorsium Indonesia dipimpin oleh PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. Adapun anggota konsorsium lainnya adalah PT Jasamarga (Persero) Tbk, PT Perkebunan Nusantara VIII (Persero), dan PT Kereta Api (Persero).

Sementara itu, konsorsium China dipimpin oleh China Railway International Co., Ltd. Perusahaan konsorsium ini beranggotakan China Railway Group (CREC), Sinohydro Corporation Limited, CRRC Corporation Limited (CRRC), dan China Railway Signal and Communication Corp (CRSCC).

(rzy)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini